Mohon tunggu...
irvan sjafari
irvan sjafari Mohon Tunggu... Jurnalis - penjelajah

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Prey, Prekuel Predator Berwajah Feminis

23 September 2022   14:42 Diperbarui: 24 September 2022   21:03 218 16 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Film "Prey" (2021). Sumber: 20th Century Studios via Kompas.com

"Sampai di sini saja perjalananmu. Selesai! Begitu saya katakan kepada singa yang akan saya bunuh!" ucap Taabe (Dakota Beavers) kepada adiknya Naru (Amber Mithunder) pada suatu hari September 1719. Mereka adalah warga Suku Comanhe yang mendiami kawan utara Great Plain Amerika.

Suatu percakapan kunci dalam film Prey garapan Dan Tachtenberg, prekuel film Predator (1987) yang dibintangi Arnold Schwarzenegger. Film laga melawan mahluk asing nan sakti ini kemudian menjadi film waralaba dan Prey adalah yang ke lima.

Prey dibuka dengan rutinitas Naru sebagai peramu,  mencari bahan obat-obatan ditemani anjingnya bernama Sarii.  Namun bukan itu keinginan terbesar Naru. Di sela-sela pekerjaannya, diam-diam melatih melempar kapak dan dia ingin menjadi pemburu seperti kakaknya. 

Sayangnya Naru kerap  diremehkan.  Dalam sebuah adegan ketika dia  akan memanah elang merah, kakaknya dengan santai memanahnya lebih dulu. Burung itu jatuh. Naru kecewa.

Suatu ketika Naru ditemani anjingnya bernama Sarii melihat rusa dan bersiap membidikan kapaknya. Namun rusa itu lari karena mendengar sebuah suara gemuruh.  Naru dan Sarii tetap mengejarnya, sayangnya anjingnya kakinya kena perangkap. 

Suara gemuruh merupakan suara pesawat yang menurunkan satu sosok mahluk asing yang disebut sebagai predator yang ingin berburu di planet mana pun yang mereka suka.  Predator ini suka memenggal kepala buruannya untuk koleksinya.

Mengapa kamu ingin jadi pemburu? Tanya ibunya. Karena kalian pikir aku tidak bisa.

Suatu ketika salah seorang pemburu bernama Puhi diduga dilarikan seekor singa. Para pemuda mencarinya. Naru nekat ikut bahkan nyaris terpanah karena mengendap.   Para pemburu yang semua laki-laki meremehkannya, Naru diejek sebagai koki. Tetapi kakaknya masih apresiasi Naru pandai mencari jejak.  

Dalam pencarian Puhi, Naru menemukan  hal-hal yang tidak lazim. Seperti bangkai ular yang dikelupas kulitnya,  Puhi ditemukan, Naru mencurigai bahwa bukan soal singa, tetapi ada sesuatu yang membuat singa itu lari.  Sayangnya kakaknya maupun pemburu lain tidak ada yang percaya.

Taabe pada Naru bilang pada singa itu sampai di sini saja perburuanmu. Kalimat kunci yang dikatakan Naru ketika membunuh predator.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan