Mohon tunggu...
irvan sjafari
irvan sjafari Mohon Tunggu... penjelajah

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Catatan Musik 2019 (2) Debutan Bernama Tiara Putri Effendy

3 Februari 2020   21:02 Diperbarui: 3 Februari 2020   21:03 27 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catatan Musik 2019 (2) Debutan Bernama Tiara Putri Effendy
Tiara Putri Effendy-Foto: Berita Baik.

Saya mengetahui nama Tiara Putri Effendy ketika dia terlibat dalam drama musikal "Lutung Kasarung" pada akhir 2011 silam. Para personil drama musikal itu kecuali nama beken Laudya Cynthia Bella dan Chico Jericho, tidak ada yang kondang.

Namun saya yakin bahwa gadis yang waktu itu berusia 17 tahun bakal mencuat menjadi penyanyi. Darah seni memang mengalir dari ayahnya Erland Effendy pentolan grup band asal Bandung Wachdach, antara lain juga terlibat dalam soundtrack film top 1980-an "Catatan Si Boy".

Tetapi dia sudah meniti karirnya di blantika musik semenjak anak-anak, Kids Percusion Saung Angklung Udjo  hingga 2010.  Tepatnya sejak 2003. 

Dalam perjalanan musiknya  dara kelahiran 23 Januari 1994 terlibat menjadi vokalis dari grup band Sasadana dan Jendela Ide. meski banyak berkiprah di jalur jazz.

Dalam konser "Balada Sirkus" dari penyanyi Yura Yunita di Bandung pada 2014, saya pernah ngobrol dan menanyakan mengapa dia tidak terjun ke dunia musik secara lebih tegas.  Tiara menjawab akan menyelesaikan pendidikannya dulu di Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad.

Sebuah langkah yang saya kira tepat karena sejumlah penyanyi seperti seniornya Yura Yunita melesat setelah menyelesaikan pendidikan formal (juga di jurusan Humas Fikom Unpad).

Tiara mulai menapak serius dengan manajemen ketika dia meluncurkan single perdananya bertajuk "Wahai Tuan" pada  awal 2019.

"Wahai Tuan" diciptakan oleh musisi Donne Maula dan Iwan Pop, sebuah lagu yang memberi pesan mendalam untuk para pasangan yang galau akan perbedaan di antara mereka.

"Saya yakin Wahai Tuan cocok untuk dikeluarkan saat itu dengan suasana musim hujan," ujar Tiara dalam wawancaranya dengan saya dari media  Peluang Maret 2019 lalu.

Tiara mengakui dari awal berkarir memang dipertemukan dengan teman teman di lingkungan jazz akhirnya banyak bermusik di situ. Kemudian kini beralih ke pop biar cakupan lebih luas hingga tidak terbatas ke genre po.

Putri dari musisi Bandung Erland Effendy ini mengaku sudah diperkenalkan dengan musik pada 2003. Pengaruh Ayahnya besar. Tiara mengaku mempunyai banyak referensi musik seperti Earth Wind, Michael Jackson. Beyonce serta sejumlah penyanyi lokal seperti Utha Liku, Raisa, Chrisye hingga Chandra Darusman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x