irvan sjafari
irvan sjafari Jurnalis

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Review “Andien Let It Be My Way”: Kombinasi Soundtrack film dan Update Lagu Lawas Plus Rasa Katty Perry

21 Desember 2014   04:59 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:50 309 1 1
Review “Andien Let It Be My Way”: Kombinasi Soundtrack film dan Update Lagu Lawas Plus Rasa Katty Perry
14190872121019206608

[caption id="attachment_384447" align="alignnone" width="787" caption="Andien Let It Be My Way (kredit foto Irvan Sjafari)"][/caption]

1,2,3,4,5,6,7,8,9,10/Berhitung berapa banyak cinta yang sudah kuberikan

Opening lagu “Let It Be My Way”membuat aku langsung mengenali suara jazzy Andien Aisyah-yang memikat saya sejak dia berumur lima belas tahun ketika dia bernyanyi di Jazz Goes To Campus pada 2000 –di satu sisi sebangun dengan lagunya “Moving On” dan “Bernyanyi Untuk Sahabat”, ceriah, energik, membuat tubuh ingin bergoyang di setiap hentakan lagunya. Namun di sisi lain lagu ini agaknya eksperimen baru dari alumnus Ilmu Komunikasi FISIP UI ini dengan memasukkan nuansa Katty Perry sebagai referensinya.Hasilnya lagu ini nyaris terdengar sebagai pop, hanya ada sedikit sentuhan jazzy Andien. Meskipun begitu dari cara bernyanyinya saya termasuk puas dan masih merasakan lagu ini masih Andien. Sebagai catatan penyanyi kelahiran Agustus 1985 juga pernah menyanyikan lagu yang dibawakan Katty Perry dengan sentuhan jazz.Kalau tidak salah berjudul “The One That Got Away” dengan cukup memuaskan.

Melly Goeslaw menciptakan lagu ini untuk Andien dan menjadi soundtrack film teranyar-nya Hanung Bramantyo berjudul “Hijab”.Musisi spesialis soundtrack itu sudah menciptakan racunnya sejak opening dan bagian bait terakhir lagu, Let it be my way aku yang rasakan/cinta datang dan pergi dalam hidupku/Let it be my way pengelana ada akhirnya/kini aku hanya butuh kamu….

Album ke enam dari Andien yang memang bertajuk “Let It Be My Way” membuat saya terhenyak. Album yang baru diluncurkna pada 17 Desember lalu,merupakan kombinasi lagu untuk soundtrack film dan lagu lawas. Tidak tanggung-tanggung, Andien menyanyikan soundtrack untuk empat film sekaligus, “Hijab”, “Merry Riana”, “Mantan Terindah” dan “Doea Tanda Cinta”.Lagu kedua untuk “Hijab” berjudul “Satu Yang Tak Bisa Lepas” karya Ahmad Dhani sebetulnya pernah dinyanyikan Tulus yang juga jazzy.Ini lagu Andien yang mellow,saya suka pada bagian: satu yang tak bisa lepas/percayalah..hanya kau yang mampu mencuri hatiku… Lumayan, sekalipunsaya lebih  suka Tulus yang menyanyikannya. Lagu ini juga pernah dinyanyikan Rezza, cuma masih pop. Dibandingkan Rezza, saya lebih suka Andien menjazzy-kan lagu ini.

Lagu “Sempurnalah Cinta” yang merupakan soundtrack film “Merry Riana” yang dinyanyikan bersama Marcel Siahaan adalah lagu kedua dalam album ini yang saya berikan aplaus. Walau pun lagu ini lebih pop, tetapi saya salut Andien bisa menahan diri agar berpadu dengan Marcel Siahaan tanpa meningalkan kharakter khasnya seratus persen.Andien membuka lagu ini.. Kemarin dan esok nanti/kenangan dan harapan/bercahaya di dalam hati/sejuta mimpi menjadi nyata… Kemudian diikuti oleh Marcel Denganmu kasihku/untukmu cintaku…Kemudian keduanyaklop Aku bersamamu/selalu di sampingmu… good job.

Saya tidak terlalu suka lagu “Siapa”untuk soundtrack “Doea Tanda Cinta” –ditulis oleh Melly Goeslaw.Sekalipun lagu itu menurut saya bukan Andien yang saya kenal, tetapi secara vokal memang menujukkan Andien semakin matang dan maju.Kesan saya mendengar lagu ini keresahan hati seseorang.




[caption id="attachment_384449" align="aligncenter" width="300" caption="Andien dalam sebuah acara di Museum Sejarah Jakarta 11 Desember 2014"]

14190873171866241592
14190873171866241592
[/caption]

Untuk lagu daur ulang, saya memberikan aplaus untuk lagu “Astaga” pernah dinyanyikan Ruth Sahanaya, ditulis oleh James F. Sundah dan diaransemen oleh Nikita Dompas.Yang membuat saya takjub awalnya saya tidak tahu itu lagu lawas karena jazzy benar, kalau saja tidak ada reff… o.astaga/apa yang sedang terjadi/oh..astaga…Andien bisa membuat lagu ini menjadi miliknya.Hal yang serupa dilakukannya dengan baik pada lagu “Kasih Putih” yang pernah dinyanyikan oleh Glenn Fredly, diciptakan oleh Yovie Widianto dan lagi-lagi menjadi sountrack film: “Mantan Terindah”.Sempurna dari opening hingga akhir lagu. Terdalam yang pernah kurasa/hasratku hanya untukmu/terukir manis/dalam renunganku jiwamu jiwaku menyatu… Lagu ini lebih kental Andien-nya bahkan di atas lagu utamanya”“Let It Be My Way”.

Lagu lain “Masih Bebas”ditulis Melly Goeslaw merupakan lagu yang pernah ada di album Gemintang (kalau tidak salah), namun dengan gaya dan kematangan yang baru. Good Job.




[caption id="attachment_384452" align="aligncenter" width="300" caption="Andien Aisyah di sebuah acara 2013 (kredit foto Irvan Sjafari)"]

14190875081126557063
14190875081126557063
[/caption]

Eksperimen yang berani. Sebetulnyasaya lebih suka album ke lima, “#Andien, tetapi secara keseluruhan: Andien, kamu tetap menjadi salah satu penyanyi favorit saya untuk female jazz.

Irvan Sjafari

Foto-foto : Irvan Sjafari

http://hiburan.kompasiana.com/musik/2013/08/22/review-andien-antara-jazz-dan-adult-contemporary--583140.html