Mohon tunggu...
Jurnal
Jurnal Mohon Tunggu... Pagi

Tersaji Tanpa Imajinasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Satgas Yonmek 521 DY Panen Labu Madu dengan Warga Perbatasan

11 Mei 2019   03:54 Diperbarui: 11 Mei 2019   04:09 0 1 0 Mohon Tunggu...
Satgas Yonmek 521 DY Panen Labu Madu dengan Warga Perbatasan
dokpri

Merauke - Satgas Pamtas Yonif Mekanis 521/DY dibawah kepemimpinan Letkol Inf. Andi A. Wibowo S.Sos.M.I.Pol, disamping sebagai satuan tugas pengaman perbatasan antara Indonesia dengan Papua New Guinea,  anggota dari Satgas Pamtas Yonmek 521/DY juga dibekali dengan keahlian bercocok tanam dan berkebun sebagai bahan tambahan untuk memenuhi kebutuhan  sehari-hari dan sisanya digunakan untuk membantu masyarakat disekitar pos.

Ilmu yang mereka peroleh dari pembekalan pratugas sebelum berangkat tugas di Papua ini mereka tularkan juga kepada masyarakat kampung binaan mereka yaitu di kampung kuler Distrik Naukenjerai, anggota pos membantu dan membimbing masyarakat dalam membuat kebun Labu Madu. Dengan keuletan dan kesabaran anggota pos untuk mengajari masyarakat tentang budidaya Labu Madu tidak sia-sia, panen yang dihasilkan dari tanaman labu madu itu cukup memperoleh hasil yang memuaskan.

Banyak masyarakat yang tertarik dan antusias dengan proses budidaya labu madu tersebut. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat di sekitaran pos dengan cara budidaya labu madu tersebut. Pos yang di pimpin oleh Kapten Inf Prayitno itu tampak sangat bersyukur dan puas karena ilmu yang mereka dapatkan sangat berguna untuk masyarakat kampung binaan mereka tersebut.

Panen yang dihasilkan dari budidaya labu madu tersebut sangat cocok untuk menuhi kebutuhan sehari hari. Mereka juga berharap ilmu yang mereka berikan itu akan terus dikembangkan oleh masyarakat supaya bisa menjadi sampingan pekerjaan mereka sehari-hari yang kebanyakan hanya berburu dan menangkap ikan dilaut, rawa dan sungai.

Sampai saat ini sudah 40 rumah masyarakat yang merasakan manfaat dari budidaya Labu Madu ini, karena banyak orang yang datang mencari buah ini untuk di jadikan berbagai macam bahan makanan.

Petrus (45) mengucapkan sangat berterima kasih yang sedalam-dalamnya atas bimbingan personil Pos Kuler Satgas 521 sehingga kami mampu berbudidaya Labu Madu yang sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan hidup kami sekeluarga setiap harinya. Ujarnya".