Mohon tunggu...
Moheng Gonzales
Moheng Gonzales Mohon Tunggu... Come Back

five nine and seven three...

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Hanya Pada Sesuatu yang Berharga

12 Oktober 2019   23:46 Diperbarui: 13 Oktober 2019   00:01 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kita tidak dilahirkan dalam keadaan tanpa kepedulian. Faktanya, kita dilahirkan untuk risau terhadap banyak hal. Pernahkah Anda melihat seorang anak kecil yang menangis karena warna biru di topinya tidak sesuai persis? Sungguh anak kecil yang bikin repot.

Saat kita belia, semua terasa baru dan seru serta begitu berarti. Karena itu, kita jadi  peduli tentang setiap hal dan setiap orang, tentang apa yang dikatakan orang atas diri kita, semisal antara lain tentang apakah cowok/cewek yang manis itu membalas telpon kita atau tidak, dan lain sebagainya.

Ketika kita beranjak dewasa, didukung oleh banyak pengalaman, kita mulai memperhatikan bahwa sebagian besar hal semacam ini hanya memiliki dampak yang kecil dalam hidup kita. Orang-orang yang komentarnya sangat kita risaukan sebelumnya, tidak lagi terhitung di dalam kehidupan kita.

Penolakan-penolakan yang menyakitkan yang pernah kita rasakan, telah memberi andil yang sangat baik. Kita jadi tahu betapa kecilnya perhatian yang diberikan oleh orang lain pada detail-detail superfisial tentang diri kita, dan kita pun akhirnya memilih untuk tidak lagi menanggapi mereka terlalu serius.

Intinya, kita menjadi selektif terhadap perhatian yang rela kita berikan. Inilah sesuatu yang kita sebut kedewasaan. Kedewasaan muncul ketika seseorang belajar untuk peduli hanya pada sesuatu yang sangat berharga.

*Singosari, Malam Minggu, 12-10-2019*

KONTEN MENARIK LAINNYA
x