Mohon tunggu...
JUNUS BARATHAN
JUNUS BARATHAN Mohon Tunggu... Secangkir KOPI Hangat...

Mari kita bersulang...SOBAT.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Memancar di Ketinggian 1250 Mdpl, Kebun Teh Wonosari Malang

23 Mei 2021   09:53 Diperbarui: 23 Mei 2021   10:07 158 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memancar di Ketinggian 1250 Mdpl, Kebun Teh Wonosari Malang
sumber gambar : dok.pribadi

Hari sabtu, 22 Mei 2021 sekitar pukul 09.00 wib, kami berada di dataran tinggi kebun teh Wonosari Malang dengan ketinggian 1250 Mdpl. Keberadaan kami di kebun teh Wonosari ini dalam rangka "uji coba" memancarkan radio pada ketinggian di lereng gunung Arjuno belahan sebelah timur.

Matahari bersinar cerah, udara sejuk segar nyaman memenuhi rongga dada saat kali pertama kami menginjakkan kaki di kebun teh Wonosari. Hamparan hijau sejauh mata memandang bak permadani raksasa. Dari kejauhan nampak para petani sedang memetik daun teh, sebuah sajian pemandangan yang indah serta alami.

Memancarkan radio komunikasi pada dataran tinggi, di kalangan amatir radio dikenal dengan sebutan SOTA (Summit On The Air). Memang sangat berbeda ketika kita memancarkan radio di dalam rumah, jika dibandingkan dengan memancar di luar rumah atau alam terbuka terlebih lagi di dataran tinggi.

Kalau biasanya di rumah kita memancar dengan power 50 - 100 watt, tapi di sini pada ketinggian sungguh luar biasa kami memancar dengan power kecil (QRP), pada band HF (High Frequency) hanya dengan power 1 watt, sedangkan pada band VHF (Verry High Frequency) hanya dengan power 3 watt saja.

Dengan power yang sangat kecil kami sudah dapat berkomunikasi dengan stasiun amatir radio di Nusantara bahkan sampai ke Mancanegara. 

Di sinilah, kami mendapatkan kepuasan dan kenikmatan tersendiri, selain dapat menyalurkan hobi berkomunikasi sekaligus juga dapat melepas stres, rekreasi di alam terbuka setelah sekian lama terkungkung dan merasa jenuh oleh adanya virus corona covid-19 yang entah sampai kapan akan berakhir.

Kegiatan keamatiran yang kami lakukan ini sekedar percobaan untuk menentukan lokasi memancarkan radio serta menguji keampuhan antena yang kami digunakan. Pada tahap selanjutnya secara resmi kami akan memancar sesuai dengan Prosedur Operating yang berlaku.

Di kesempatan kali ini, kami 4 orang amatir radio dari ORARI lokal Malang Raya:
1. YB3FUA
2. YC3CIP
3. YD3APA
4. YG3BUP

Telah melatih diri dalam kegiatan SOTA , yang mana masih perlu pembenahan secara menyeluruh baik tempat, akomodasi serta peralatan teknis dan lain sebagainya. Di kesempatan berikutnya pada kegiatan Summit On The Air, tentunya kami berharap dapat melaksanakan secara maksimal. Semoga.

Salam 73 de YG3BUP

Kebun Teh Wonosari, 22 Mei 2021.

VIDEO PILIHAN