Mohon tunggu...
JUNUS BARATHAN
JUNUS BARATHAN Mohon Tunggu... Secangkir KOPI Hangat...

Mari kita bersulang...SOBAT.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Kegiatan Keamatiran "Fox Hunting" Orlok Malang Raya

28 Februari 2021   18:53 Diperbarui: 28 Februari 2021   19:51 78 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Keamatiran "Fox Hunting" Orlok Malang Raya
sumber gambar : dok.pribadi

Satu lagi kegiatan Amatir Radio yang cukup bergengsi. Kegiatan ini tak pandang umur semua bisa. Tetapi pada umumnya mereka yang sudah berumur, namun masih terlihat perkasa. Berjalan menuruni lembah, mendaki bukit, melewati jalan setapak, menerobos semak belukar, dan medan lainnya. 

Alat pendeteksi signal digenggam erat mencari dan mengarah kesatu titik tujuan. Terus berjalan kadang berlari kecil memburu becon (pancaran signal) yang tersembuyi. Tersembunyi bisa di dalam tanah, di atas pohon, dan di sembarang tempat. Kegiatan itu dikenal dengan sebutan "Fok Hunting". Fok Hunting merupakan hobi seorang amatir radio, yang sekaligus sebagai hiburan dan olah raga.Asyik!

PENGERTIAN FOX HUNTING

Kegiatan amatir radio yang satu ini membutuhkan tenaga, pikiran, dan ketrampilan. Dikalangan Amatir Radio Fox Hunting sudah tak asing lagi dan sangat digemari. Fox Hunting dalam artian bebas adalah, pemburuan rubah. Menurut kamus Inggris -- Indonesia pemburuan bisa diartikan dengan kata lain pencarian, sedangkan rubah adalah hewan yang lincah dan gesit gerakannya atau karakternya, yang tentunya akan sulit untuk bisa menangkapnya.

Di dalam kegiatan Fox Hunting rubah ini diibaratkan sebuah signal radio yang dipancarkan secara beraturan, dan diletakan dibeberapa tempat yang tersembunyi. Signal yang dipancarkan inilah yang menjadi rebutan para Fox Hunter, mereka berupaya untuk menemukan signal (rubah) tersebut, dengan mengguakan alat khusus yang dirakit sendiri oleh masing-masing amatir radio, dan dilengkapi dengan alat pendeteksi signal.

TIM FOX HUNTING ORARI LOKAL MALANG RAYA (LMR)

Tim Fox Hunting LMR, cukup sering menjuarai diberbagai even yang pernah diikuti. Padahal mereka sudah tak muda lagi alias tua-tua keladi, makin tua makin menjadi-jadi. Mereka rata-rata diatas lima puluhan tahun, tapi semangat juang yang meluap-luap patut dibanggakan. Dengan sorot mata dan pendengaran yang peka dan tajam. Menembus rintangan alam liar yang terkadang tak bersahabat. Tapi justru itu tantangan yang menggairahkan bagi mereka.

Hari ini minggu di akhir bulan Pebruari, para Fox Hunter LMR untuk pertama kali di tahun 2021 mengadakan latihan bersama untuk melemas otot-otot yang telah kaku. Sebab hampir setahun kegiatan Fox Hunting LMR dihentikan, karena merebaknya pandemi covid-19.

Apa mau dikata jika hobi dapat tersalurkan, tak peduli luka tergores onak dan duri. Tetap melangkah dan terus berjalan walaupun nafas tersenggal dan keringat bercucuran membasahi sekujur tubuh, pasti akan diterjangnya. Hingga signal yang tersembunyi harus didapatkannya. Itulah Tim Fox Hunting yang menjadi handalan ORARI Lokal Malang Raya.

Selain Fox Hunting, ada banyak kegiatan keamatiran yang lain di dalam ORARI yang tentunya tidak kalah serunya. Dilain waktu akan kami tuliskan. Semoga manfaat.

Salam 73.

* Singosari, 28 Pebruari 2021 *

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x