Mohon tunggu...
Peter Jeandrie
Peter Jeandrie Mohon Tunggu... Menulis ketika ingin. Rehat ketika ingin. Mengkritik ketika diperlukan. Diam ketika mengendalikan. Seorang penulis lepas yang kadang omong kosong di dalam tulisannya. Namun kadang menyelipkan pesan tersembunyi di dalam tulisannya. Sekian.

Pengamat

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Virtual Wedding, Terobosan Menggelar Pesta

3 Juni 2020   16:51 Diperbarui: 3 Juni 2020   17:01 113 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Virtual Wedding, Terobosan Menggelar Pesta
sumber gambar: Kumparan | dok. Yurry Apreto

Sejak bulan April 2020 yang lalu pemberlakuan aturan untuk meniadakan kegiatan acara besar secara tegas diberlakukan. Banyak pengantin yang merencanakan untuk mengadakan pesta pernikahan atau resepsi mau tidak mau harus dibatalkan. 

Tak hanya resepsi saja, berbagai kegiatan yang melibatkan massa yang banyak juga harus ditiadakan untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Bagi siapa saja yang melanggar aturan ini diancam hukuman kurungan penjara.

Berbagai kegiatan yang melibatkan massa yang besar kemudian berubah ke bentuk daring. Misalnya saja seminar, perkuliahan, kerja kelompok, rapat, dan lain sebagainya.

Di Yogyakarta, terdapat terobosan yang sangat unik. Ada yang namanya virtual wedding. Virtual wedding adalah layanan untuk melangsungkan acara resepsi pernikahan melalui sistem daring. Layanan ini berbekalkan latar belakang berwarna hijau terang, kamera video, dan akses ke internet.

Proses ijab qabul dan resepsi akan diliput. Para undangan berpartisipasi atau menghadiri acara dengan masuk ke halaman streaming acara.

Dengan teknologi green screen, latar belakang berwarna hijau terang akan diubah ke bentuk virtual seperti pada gedung resepsi sungguhan. Layanan ini digagas oleh salah satu perusahaan yang banyak terlibat dalam suatu acara besar, yakni GM Production.

Layanan ini ditawarkan oleh GM Production kepada sejumlah wedding organizer di Yogyakarta, sehingga nanyinya dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Suatu ruangan besar yang diborder oleh kain berwarna hijau terang di setiap sisi akan menjadi studio untuk melangsungkan acara. Prosedur acara juga mengikuti protokol kesehatan covid-19, seperti setiap partisipan dan kru di studio mengenakan masker.

Adanya layanan virtual wedding ini juga memberi tantangan kepada berbagai industri lainnya untuk dapat beradaptasi dengan situasi, sehingga tidak mengalami gulung tikar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x