Mohon tunggu...
Tn. Darling
Tn. Darling Mohon Tunggu... Menulis ketika ingin. Rehat ketika ingin. Mengkritik ketika diperlukan. Diam ketika mengendalikan. Seorang penulis lepas yang kadang omong kosong di dalam tulisannya. Namun kadang menyelipkan pesan tersembunyi di dalam tulisannya. Sekian.

Pengamat

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Destinasi Populer di Kota Kuntilanak

7 Desember 2019   13:23 Diperbarui: 7 Desember 2019   13:35 10986 3 1 Mohon Tunggu...
Destinasi Populer di Kota Kuntilanak
sumber gambar: welove-indonesia.com

Pontianak merupakan ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat. Kota yang dikenal sebagai Kota Khatulistiwa ini merupakan salah satu kota yang terkenal panas di Indonesia. Hal ini dikarenakan Pontianak merupakan kota yang berada di garis khatulistiwa, atau berada di garis lintang 0 posisi geografi.

Selain dikenal sebagai Kota Khatulistiwa, Pontianak juga dikenal sebagai Kota Kuntilanak. Dalam bahasa melayu, Pontianak berarti Kuntilanak. Kota ini disebut- sebut sebagai kerajaan Kuntilanak. 

Pada masa awal kedatangan bangsa Melayu ke tanah ini, tokoh yang menjadi Sultan pertama Kesultanan Pontianak diganggu oleh para kuntilanak. Kuntilanak di tanah ini diusir dengan menggunakan suara tembakan meriam, yang juga menjadi patokan batas luar wilayah kekuasaan Kesultanan Pontianak.

Bila berkesempatan untuk mengunjungi Pontianak, ada beberapa destinasi yang dapat kita kunjungi.

Tugu Khatulistiwa

sumber gambar: Wonderful Indonesia (www.indonesia.travel)
sumber gambar: Wonderful Indonesia (www.indonesia.travel)
Tugu Khatulistiwa merupakan salah satu monumen terkenal di Indonesia. Tugu Khatulistiwa menjadi titik penanda lokasi garis 0. Pada momen-momen tertentu ketika matahari berada tepat di atas tugu ini, kita dapat menemukan fenomena di mana bayangan kita menghilang. Suhu udara akan mencapai titik maksimal, dan gaya gravitasi dari matahari dapat membuat telur berdiri tegak tanpa berguling.

Keraton Kesultanan Pontianak

sumber gambar: Backpacker Jakarta (www.backpackerjakarta.com)
sumber gambar: Backpacker Jakarta (www.backpackerjakarta.com)
Keraton Kesultanan Pontianak bernama Keraton Kadariah, merupakan istana Kesultanan Pontianak. Keraton Kadariah dibangun pada tahun 1771 hingga 1778. Dibangun oleh Sultan pertama Pontianak, Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri.

Lokasinya berada dekat dengan pusat Kota Pontianak. Keraton Kadariah memiliki dominasi warna kuning yang menghiasnya. Warna kuning merupakan warna yang menjadi khas dari bangsa melayu. Di dalam Keraton Kadariah menyimpan berbagai peninggalan dari Kesultanan Pontianak itu sendiri.

Taman Alun-alun Kapuas

sumber gambar: Wonderful Indonesia (www.indonesia.travel)
sumber gambar: Wonderful Indonesia (www.indonesia.travel)
Taman Alun-alun Kapuas merupakan salah satu destinasi popular di Pontianak. Lokasinya berada di tepi Sungai Kapuas, sungai terbesar di indonesia. Banyak masyarakat sekitar yang berkunjung ke tempat ini saat hari sudah mulai sore, menikmati air mancur yang dihiasi oleh tembakan lampu warna-warni, serayam menikmatipemandangan kota dari seberang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN