Mohon tunggu...
Tn. Darling
Tn. Darling Mohon Tunggu... Menulis ketika ingin. Rehat ketika ingin. Mengkritik ketika diperlukan. Diam ketika mengendalikan. Seorang penulis lepas yang kadang omong kosong di dalam tulisannya. Namun kadang menyelipkan pesan tersembunyi di dalam tulisannya. Sekian.

Pengamat

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Edgar Xavier, Penampilan Spektakuler yang Tak Dilihat Juri

1 Desember 2019   17:52 Diperbarui: 1 Desember 2019   17:56 11609 7 5 Mohon Tunggu...
Edgar Xavier, Penampilan Spektakuler yang Tak Dilihat Juri
sumber gambar: solopos.com

Edgar Xavier Marvelo gagal mempersembahkan medali emas di SEA Games 2019 cabang Wushu. Kegagalan ini dinilai adanya indikasi kecurangan tim juri dalam memberikan skor pada Edgar. Tim juri beralasan ada gerakan yang harus lebih dari dua detik, namun juri melihat Edgar tidak lebih dari dua detik melakukan gerakan itu.

Padahal dari pantauan, Edgar melakukan gerakan tersebut lebih dari dua detik. Penonton pun merasa sangat kecewa dengan keputusan juri tersebut yang menempatkan Edgar harus puas pada posisi keempat.

Perihal kecurangan tim juri dalam pemberian skor pada atlet Indonesia seperti yang terjadi pada Edgar Xavier saat ini bukanlah kali pertama terjadi. Pada SEA Games yang lainnya pun atlet Indonesia kerap mendapat kecurangan penilaian dengan pemberian skor yang rendah atas performa atlet Indonesia.

SEA Games, yang seharusnya menjadi pesta olahraga yang meriah untuk mengikat hubungan antar negara di Asia terkonversi menjadi ajang non sportif dengan adanya berbagai kecurangan yang terjadi. Indonesia merupakan negara yang atlet-atletnya kerap menjadi korban kecurangan. Indikasi juri yang menerima uang suap sering menjadi masalah.

Tak peduli dari mana pun asal juri, negara-negara lain berlomba memberi suap kepada juri-juri agar atlet mereka mendapatkan medali untuk dipersembahkan kepada negaranya.

Namun saya salut dengan pendukung Indonesia yang tetap sabar dan berusaha tidak bersikap rusuh menghadapi kecurangan ini.

Dapat kita saksikan bahwa pertunjukan yang dipersembahkan oleh Edgar pada SEA Games 2019 wushu tadi sangatlah memukau. Bahkan lebih memukau dari penampilannya di SEA Games yang sebelumnya. Saya sendiri terkesima dengan performa yang ia tampilkan saat saya saksikan secara live di tv tadi.  

Pengawasan seperti ini memang perlu proaktif dari penonton juga, untuk mencegah terjadinya praktik kecurangan yang menimpa atlet-atlet kita yang luar biasa. Bilapun atlet kita tidak berhasil mempersembahkan medali, kita haruslah tetap memberikan dukungan kepada mereka.

Latihan keras dan intens yang mereka jalani selama ini sangat luar biasa beratnya. Meski tidak mendapat medali, mereka tetap luar biasa. Tetap semangat, Edgar. Tetap semangat atlet-atlet Indonesia lainnya. Kalian luar biasa.

VIDEO PILIHAN