Musik Pilihan

Menyapa Mahasiswi UAJY Penulis Lagu "Hari Minggu"

14 September 2018   17:10 Diperbarui: 14 September 2018   23:23 556 0 0
Menyapa Mahasiswi UAJY Penulis Lagu "Hari Minggu"
Dok. Pribadi

"...melihat cerahnya senyum di wajahmu

dengar suaramu memanggil namaku

mencium rambutmu, wangi sampo favoritmu

menggandeng erat tanganmu..."

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tentu sudah tak asing lagi dengan penggalan lirik lagu di atas. Ya, lirik di atas adalah penggalan lirik dari lagu "Hari Minggu". 

Dalam tulisan ini aku akan mengajak kamu berkenalan dengan penulis lagu tersebut. 

"mungkin aku bisa bilang kalau musik itu passion aku sih. Kaya musik itu udah jiwa aku. Aku nggak mikirin musik aja, aku bakal kepikiran musik"

Sekapur Sirih

Hari Minggu merupakan lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh seorang mahasiswi FISIP UAJY yang akrab disapa Kinkin. Hatimu mungkin akan tersenyum ketika berkenalan dengannya dan ia menyebut namanya adalah Kinkin. Tentu saja, nama yang terdengar imut, kan. Kinkin merupakan mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi, dengan Konsentrasi Studi Jurnalisme.

Gadis kelahiran Madiun, 14 Juli 1996 ini adalah sosok sosok yang menarik. Ya, setidaknya bagiku. Gadis yang pernah menjadi Asisten Dosen (Asdos) Matakuliah "Teori Komunikasi 1" ini tak hanya cerdas, ia juga piawai dalam memainkan sejumlah instrumen musik seperti piano, gitar, dan biola. Gaya yang luwes dan bicaranya yang lugas membuatnya cepat disukai oleh orang-orang. 

sumber gambar: instagram.com/lourentiakinkin
sumber gambar: instagram.com/lourentiakinkin
Kencan di Hari Minggu. Ilusi!

Salah satu yang sangat lekat dengannya adalah lagu Hari Minggu. Lagu tersebut ia tulis pada pertengahan tahun 2017. Hari Minggu mengisahkan pengalaman Kinkin ketika masih berpacaran dengan sang mantan kekasih. Hubungan jarak jauh, alias LDR, membuat mereka hanya memiliki hari Minggu untuk dapat saling bertemu. Hari Minggu menjadi hari yang spesial dan dinanti-nantikan olehnya. 

Berbekal spesialnya hari Minggu dan perasaan yang ada, tercetuslah penulisan lagu ini. 

Bila kita benar-benar menyimak MV Hari Minggu, kita akan menyadari bahwa Hari Minggu sesungguhnya merupakan kisah yang menyedihkan. Di bagian akhir MV kita dapat melihat bahwa kecna pada hari Minggu yang dialami seperti dikatakan oleh liriknya, hanyalah ilusi. 

Meski Hari Minggu merupakan single pertama dalam produksi rekaman, namun, Hari Minggu bukanlah lagu pertama yang ditulis oleh Kinkin. Jauh sebelumnya sudah ada banyak lagu yang ia tulis. 

Pengakuan

Setelah rilisnya Hari Minggu, Kinkin kembali merilis single kedua berjudul "Di Langit Abu-abu". Di Langit Abu-abu bukanlah lagu yang menceritakan keadaan langit yang mendung atau semacamnya, tetapi menceritakan tentang masa putih abu-abu, alias masa SMA. Mengisahkan Kinkin yang sewaktu SMA menyukai salah seorang teman prianya.

Di hari kelulusan ia mengungkapkan rasa sukanya kepada temannya ini, meski ia sudah tahu bahwa temannya ini menyukai orang lain. Di Langit Abu-abu mau menyampaikan pesan bahwa lebih baik kamu mengungkapkan perasaanmu kepadanya, namun juga tidak memaksakan kita akan disukai balik. 

Kedua single tersebut tersedia di Spotify. Untuk single Hari Minggu sendiri tersedia versi MV yang dapat dinikmati di Youtube. 

Pemantik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2