Mohon tunggu...
Junjung Widagdo
Junjung Widagdo Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 METRO, LAMPUNG

Untuk saat ini menulis

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Capital Gain, Penyelamat Tabungan dari Inflasi dan Bunga 0 Persen

16 September 2022   22:39 Diperbarui: 26 September 2022   07:15 518 31 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menabung. Sumber: Shutterstock/LOVEYDAY12 via Kompas.com

"(menabung di bank) sudah tidak menguntungkan apalagi nominal simpanannya kecil, karena antara bunga yang didapatkan dengan biaya administrasi, pajak akan menggerus nilai simpanan," ujar Bhima Yudhistira Ekonom Center of Economic and Law Studies (CELIOS) kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2022). 

Dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id secara sederhana suku bunga diartikan sebagai balas jasa yang diberikan bank kepada nasabah yang membeli atau menjual produk bank tersebut. 

Pada laman yang sama dijelaskan lebih spesifik bahwa bunga simpanan adalah balas jasa dari bank kepada nasabah atas jasa nasabah menyimpan uangnya di bank, atau bisa juga disebut sebagai suku bunga tabungan.

Suku bunga tabungan ini sekaligus menjadi daya tarik bagi nasabah untuk tetap menabung di bank, semakin tinggi suku bunga tabungan, maka semakin banyak cuan yang di dapatkan. 

Sebagai contoh Tabungan Danamon Lebih program tabungan dari Bank Danamon, memberikan suku bunga tabungan 0 persen bagi yang menabung di bawah Rp 500.000, bunga tabungan 0, 10 persen bagi yang memiliki tabungan Rp 500.000 sampai dengan Rp 50 juta, dan suku bunga tabungan 0, 25 persen untuk mereka yang memiliki tabungan di atas Rp 1 miliar. 

Untuk perhitungan berapa bunga/ cuan yang diperoleh dari jumlah nominal tabungan di rekening kita, bisa langsung merujuk pada laman bank masing-masing ya.

Apa penyebab bunga o persen?

Ketua Himbara I Sumber Gambar: https://money.kompas.com/ dari Dokumen BRI
Ketua Himbara I Sumber Gambar: https://money.kompas.com/ dari Dokumen BRI

". . .rendahnya permintaan kredit perbankan yang berimbas pada penurunan pertumbuhan kredit," ujar Sunarso yang menjabat sebagai Ketua Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)seperti dikutip dari www.cnbcindonesia.com 13 September 2022 pukul 18:28 wib.

Bunga tabungan akan meningkat seiring dengan meningkatnya pengajuan kredit oleh masyarakat, dan pada masa pandemi ini, banyak masyarakat yang enggan untuk memulai usaha karena adanya penetapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, hal itu menyebabkan asumsi bahwa tingkat konsumsi akan rendah sehingga membuat masyarakat takut rugi untuk memulai usaha dengan mengajukan kredit ke bank.

Walau bunga o persen Bank tetap dibutuhkan masyarakat

Eko Endarto Perencana Keuangan dari Finansia Consulting I Sumber Gambar: www.traveloka.com
Eko Endarto Perencana Keuangan dari Finansia Consulting I Sumber Gambar: www.traveloka.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan