Mohon tunggu...
Junius Imanuel Tarigan
Junius Imanuel Tarigan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Oke

Masih Pemula

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Kemeriahan Malam Takbiran di Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah

15 Mei 2022   10:17 Diperbarui: 15 Mei 2022   10:31 461 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana malam takbiran di Simpang Lima, Semarang.

Semarang - malam takbiran dimulai pada pukul 20.30 WIB. Antusias masyarakat sungguh luar biasa, mengingat 2 tahun belakangan ini yang mengharuskan masyarakat untuk memeriahkan lebaran di rumah saja. Suara takbir berkumandang dengan cara pawai beramai - ramai baik dengan sepeda motor maupun mobil bak terbuka di antara mobil bak terbuka yang berkeliling melewati Simpang Lima, Semarang pada Minggu (1/5/2022) malam.

Tidak hanya takbiran, di Simpang Lima juga terdapat banyak orang yang berkumpul dan bersantai menikmati malam sebelum lebaran 2022 yang jatuh pada, Senin (2/5/2022).

Salah satu masyarakat yang menikmati takbiran tersebut yaitu Saloka (21) pemuda asal Medan, Sumatera Utara. Menurut pengakuannya, momen - momen tersebut menjadi pengalaman pertama kalinya ia mengikuti takbiran di Simpang Lima.

"Sebagai seorang perantau yang tidak mudik, menghabiskan malam takbiran di Simpang Lima cukup berkesan. Ramainya kawasan Simpang Lima membuat saya bisa merasakan kemeriahan malam takbiran di kota asal saya. Suasana malam lebaran tahun ini sangat berbeda dengan dua tahun sebelumnya meski sama - sama masih di tengah pandemi Covid-19, suasana kali ini terlihat jauh lebih ramai," kata dia saat berbincang dengan Monica dan teman - teman di Simpang Lima, Minggu (1/5/2022) malam.

Berbagai wahana permainan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang.
Berbagai wahana permainan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang.
Suasana takbiran di kawasan Simpang Lima juga dimeriahkan dengan adanya wahana permainan untuk anak - anak, seperti motor - motoran, scooter, mobil - mobilan, odong - odong, ditambah lagi adanya aneka jajanan yang beragam seperti bakso bakar, sosis bakar, jagung bakar, kerak telor, dan masih banyak lagi.

 Salah satu pedagang yang berdagang.
 Salah satu pedagang yang berdagang.
Suasana lalu lintas di kawasan Simpang Lima terpantau ramai tetapi tidak menimbulkan kemacetan yang berarti. Hal tersebut dikarenakan adanya petugas keamanan yaitu polisi lalu lintas yang bertugas menertibkan lalu lintas saat pawai takbiran berlangsung.

 Kondisi Lalu lintas di Simpang Lima, Semarang.
 Kondisi Lalu lintas di Simpang Lima, Semarang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan