Mohon tunggu...
Junio Richson Sirait
Junio Richson Sirait Mohon Tunggu... Administrasi - Kapan ya Jadi Moderator 😅

Berusaha dari hari ke hari memberikan yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Trik Merawat, Memahami, dan Menghadapi ODGJ Lansia

2 Januari 2021   16:37 Diperbarui: 3 Januari 2021   08:00 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi orang dengan gangguan jiwa. (Sumber: shutterstock.com via kompas.com)

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) adalah sosok pribadi yang ditakuti oleh banyak orang. Wajah yang tidak menarik dan tatapannya yang menakutkan membuat banyak orang takut. Sehingga hal tersebut menjadi alasan yang utama dari keputusan bayak orang untuk menjauh dari ODGJ.

Sosok ODGJ adalah pribadi yang sulit mengontrol dan memelihara dirinya sendiri. Ia cenderung melukai dirinya dan orang-orang yang berada di sekitarnya. Ketidakstabilan yang ada pada diri ODGJ seringkali membuat ia lupa akan diri sendiri.

Pada waktu saya menempuh pendidikan strata satu, tepatnya pada saat semester tiga, saya diminta oleh sahabat saya untuk menggantikan posisinya menjaga pasien ODGJ lansia di Yogyakarta selama 2 bulan.

Pada waktu itu saya tidak mengerti bagaimana merawat pasien ODGJ yang jumlahnya sekitar 20 orang. 

Keberanian yang ada pada diri saya  ternyata adalah modal yang cukup besar untuk merawat pasien-pasien tersebut.

Pada saat pertamakali saya mau memulai merawat pasien ODGJ, saya di dampingi oleh senior yang telah lama menetap di tempat penampungan pasien ODGJ tersebut.

Ia mengajari saya banyak hal tentang bagaimana cara merawat pasien ODGJ, memahami gejala dari segala aktivitas dan menghadapinya.

Cara Merawat Pasien ODGJ Lansia

Pertama, memandikan pasien. Pada bagian ini berfungsi untuk membuat pasien jauh dari segala penyakit yang dapat membahayakan dirinya.

Kedua, mengecek pasien. Para bagian ini untuk memastikan apakah semuanya telah berjalan dengan baik. Seperti pada waktu mandi apakah sudah bersih.

Ketiga, memberikan makanan yang bergizi. Pada bagian ini berfungsi untuk membuat tubuh pasien selalu sehat sehingga dalam proses selanjutnya dapat berjalan dengan lancar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun