Mohon tunggu...
Junimarlinda Rambe
Junimarlinda Rambe Mohon Tunggu... Belajar dan terus belajar

Berbagi itu indah. https://rambejunimarlinda85.blogspot.com.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Isra Mikraj 1442 H/ 2021 M

12 Maret 2021   00:18 Diperbarui: 12 Maret 2021   00:36 58 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Isra Mikraj 1442 H/ 2021 M
Sumber gambar dari pixabay.com

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Israa' Ayat 17 yang artinya:

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Ma sjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 11 Maret 2021 bertepatan dengan 27 Rajab 1442 Hijriah. Semua umat Islam merayakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menjemput wahyu perintah Salat tersebut.

Isra merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem. Sedangkan Mikraj merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam.

Isra Mikraj adalah dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah beliau mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. 

Tujuan: Peringatan perjalanan spiritual yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Menurut tradisi, perjalanan ini dikaitkan dengan Lailat al-Mi'raj, sebagai salah satu tanggal paling penting dalam kalender Islam. Wikipedia

Namun, tahun ini peringatan Hari Isra Mikraj 1442 H/2021 M terlihat berbeda dengan tahun sebelumnya, karena hanya dilakukan dirumah saja dan di tempat yang terbatas, mengingat pandemi tahun ini masih berlangsung, sehingga acara semacam peringatan untuk sementara dibatasi.

Mari tingkatkan keimanan dan ketaqwaan agar kita termasuk golongan yang diridai oleh Allah SWT dan jadikan moment hari Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M untuk menebarkan kebaikan.

Aamiin...

Salam berbagi, belajar, memotivasi dan menginspirasi

Juni Marlinda Rambe

Blog https://rambejunimarlinda85.blogspot.com

VIDEO PILIHAN