Mohon tunggu...
Juniar Abbas
Juniar Abbas Mohon Tunggu... Niar

Lahir di Desa Maspul, Kecamatan Lappariaja

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Akuntansi dalam Islam

30 Juni 2020   20:44 Diperbarui: 30 Juni 2020   20:56 2 0 0 Mohon Tunggu...

Bismillah

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. tugas di Puji syukur kita panjatka kehadirat Allah Subhanahu Wata'ala atas segala taufiq-Nya dan solawat serta salam kita kirimkan kepada Nabi muhammad shallallahu 'alaihu wasallam atas segala petunjuk beliau yang ada dalam sunnahnya.

Yang akan kita bahas disini adalah akuntansi islam, berbicara mengenai akuntansi islam, maka kita berfikir pada akuntansi yang sesuai dengan syariat islam atau dalam bahasa lainnya sesuai dengan perunjuk Al-Qur'an dan sunnah.

Dapat kita simpulkan bahwa akuntansi islam atau akuntansi syariah adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan sesuai dengan syariat islam.

Selanjutnya kita berbicara mengenai landasan dari akuntansi ini, apa yang mendasari adanya akuntansi syariah. Dalilnya ada pada Surah Al-Baqarah ayat ke 282. Secara umum ayat ini memerintahkan kita untuk mencatat transaksi yang kita lakukan.

Kemudian bagaimana penulisan akuntansi syariah? Jawabannya adalah AAOIFI. AAOIFI ini adalah standar atau pedoman penulisan akuntansi syariah yang berlaku bagi semua yang lembaga kuangan yang menggunakan akuntansi syariah di seluruh dunia. Kepanjangan dari AAOIFI ini adalah Accounting and Auditing Organizations for Islamic Financial Institutions.

Kemudian apa yang yang membedakannya dengan akuntansi konvesional? Yaitu ada pada bagian laporan keuangan, laporan keuangan akuntansi syariah berdasarkan bagi hasil sedangkan akuntansi konvensional berdasarkan bunga. Ada juga hal yang tidak dimiliki oleh akuntansi konvensional yaitu laporan sumber dan penggunaan zakat, infaq, sedekah, dan dana kebajikan.

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat.

Referensi:

Pengantar Akuntansi Islam

VIDEO PILIHAN