Mohon tunggu...
Junaidi Muhammad
Junaidi Muhammad Mohon Tunggu... -

Bapak dengan 5 anak hebat, single parent, dan survivor gagal ginjal. Tujuan saya menulis untuk memotivasi sesama agar tetap kuat bertahan dalam sakit dan cobaan hidup yang mendera, serta meyakinkan bahwa kalian yang senasib dengan saya tidak sendirian.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Bangkit dari Keterpurukan

24 November 2017   17:19 Diperbarui: 24 November 2017   18:03 1050
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pada akhir tahun 2014, tepatnya 11 November, istri tercinta meninggal dunia karena sakit berat yang dideritanya. Begitupun dunia ini bak runtuh. Mahligai yang terbangun 27 tahun lamanya seperti perahu terombang-ambing diterpa gelombang tapa kemudi. 

Kepasrahan total kepada istri untuk urusan rumah tangga dengan segala tetek bengeknya, pendidikan lima anak dan urusan dapur membuat saya kelimpungan setelah kepergiannya. Suasana ini berlanjut dan hampir enam bulan dalam ketidak-pastian. Seolah ada sesal dan protes kepada  Tuhan, kenapa begitu cepat Engkau memanggilnya?

Profesi saya sebagai konsultan keuangan yang bekerja mobiling ke seluruh Indonesia bahkan sampai keluar negeri, belum cukup sebagai modal untuk me-manage urusan rumah tangga dengan status single parent. Saya kemudian tersadar dan dengan tulus mengakui bahwa menjadi ibu rumah tangga adalah profesi yang bukan hanya mulia tapi berat. 

Bertahun-tahun pernikahan saya seolah buta dengan jasa yang ia lakukan untuk membangun rumah tangga hingga sebaik ini. Me-manage keuangan yang selalu cukup, bahkan spare uang untuk menabung selalu meski keperluan rumah tangga kami begitu besar. Kelima anak saya sekolah di sekolah yang tidak murah. 

Saya hidup terpisah dengan istri karena tuntutan pekerjaan, begitupun dengan anak sulung saya yang melanjutkan pendidikan akhirnya di luar kota. Itu artinya istri saya masih harus me-manage keuangan untuk tiga dapur (dapurnya dengan empat anak, dapur saya, dan dapur anak sulung saya). 

Hingga kini, saya selalu salut dan akan selalu terkenang akan kontribusi yang telah istri saya berikan. Kelima anak saya, hasil didikannya, memiliki moral dan attitude yang baik, tidak nakal, tidak pernah memiliki track record yang buruk di sekolahnya. tidak merokok, tidak pernah menyusahkan, tidak konsumtif, dan tidak pernah meminta apa yang sekiranya tidak mereka butuhkan.

Sekarang ini tanpanya, saya berusaha tegar bersama anak-anak saya. Istirahat dengan tenang instriku. Tiga tahun kepergianmu, saya masih sendiri dan akan tetap mengenang budi baik serta jasa-jasamu.

Semoga kisah nyata ini menginspirasi para ayah (single parent) yang kebetulan saat ini senasib.

Tulisan ini mengingatkan diri saya bahwa roda kehidupan tetap berputar dan tidak baik untuk berlarut dalam kenangan dan keterpurukan masa lalu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun