Mohon tunggu...
Jumari Haryadi Kohar
Jumari Haryadi Kohar Mohon Tunggu... Penulis, trainer, dan motivator

Jumari Haryadi atau biasa disebut J.Haryadi adalah seorang penulis, trainer kepenulisan, dan juga seorang motivator. Pria berdarah Kediri (Jawa Timur) dan Baturaja (Sumatera Selatan) ini memiliki hobi membaca, menulis, fotografi, dan traveling. Suami dari R.Yanty Heryanty ini memilih profesi sebagai penulis karena menulis adalah passion-nya. Bagi J.Haryadi, menulis sudah menyatu dalam jiwanya. Sehari saja tidak menulis, maka dirinya akan merasa ada sesuatu yang tidak lengkap. Oleh sebab itu pria berpostur tinggi 178 Cm ini akan selalu berusaha menulis setiap hari untuk memenuhi nutrisi jiwanya yang haus terhadap ilmu. Dunia menulis sudah dirintisnya secara profesional sejak 2007. Meskipun relatif belum lama, tetapi J.Haryadi sudah berhasil menerbitkan puluhan buku dan ratusan artikel buah karyanya. Selain itu, ayah empat anak ini pun sering membantu kliennya menulis buku, baik sebagai editor, co-writer, maupun sebagai ghostwriter. Jika Anda butuh jasa profesionalnya dihidang kepenulisan, bisa menghubunginya melalui HP/WA: 0852-1726-0169 No GoPay: +6285217260169

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Beribadah Sambil Menikmati Indahnya Masjid Baitus Sa'adiyah di Rest Area KM 72B

10 Januari 2020   06:00 Diperbarui: 10 Januari 2020   06:15 68 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beribadah Sambil Menikmati  Indahnya Masjid Baitus Sa'adiyah di Rest Area KM 72B
Masjid Baitus Sa'adiyah Rest Area KM 72B, Jalan Tol Cipularang (sumber foto: J.Haryadi)

Melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi di jalan tol tentu sangat melelahkan, apalagi kalau mengendarai sendiri.  Kalau fisik Anda kurang prima, sebaiknya menyewa sopir atau minta bantuan teman seperjalanan untuk mengemudikannya. Saat fisik terasa lelah, carilah rest area terdekat untuk sekadar beristirahat dan melepas lelah.

Salah satu jalan tol dari Bandung menuju Jakarta adalah Jalan Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang).  Jalan tol sepanjang sepanjang 54 Km ini memiliki lima rest area yang tersebar di sisi kanan dan kiri jalan., yaitu Rest Area KM 72 A (arah Bandung), 72 B (arah Jakarta), KM 88 A (arah Bandung), KM 88 B (arah Jakarta), dan KM 97 B (arah Jakarta).

Satu dari lima rest area tersebut terdapat sebuah masjid yang cukup besar, megah, dan indah. Masjid tersebut bernama "Baitus Sa'adiyah" yang terletak di Rest Area KM 72 B (arah Jakarta).

Posisi masjid ini tak jauh dari pompa bensin rest area tersebut dengan bagian depan menghadap ke arah Timur (arah jalan tol). Pintu masjid ini justru bukan dari depan, tetapi dari samping yaitu sisi Utara dan Selatan.

Masjid Baitus Sa'adiyah dilihat dari sisi kanan bagian depan (sumber foto: J.Haryadi)
Masjid Baitus Sa'adiyah dilihat dari sisi kanan bagian depan (sumber foto: J.Haryadi)

Masjid Baitus Sa'adiyah dilihat dari belakang atau sisi Barat (sumber foto: J.Haryadi)
Masjid Baitus Sa'adiyah dilihat dari belakang atau sisi Barat (sumber foto: J.Haryadi)

Masjid Baitus Sa'adiyah dilihat dari samping kanan atau sisi Utara (sumber foto: J.Haryadi)
Masjid Baitus Sa'adiyah dilihat dari samping kanan atau sisi Utara (sumber foto: J.Haryadi)

Masjid Baitus Sa'adiyah dilihat dari samping kiri atau sisi Selatan (sumber foto: J.Haryadi)
Masjid Baitus Sa'adiyah dilihat dari samping kiri atau sisi Selatan (sumber foto: J.Haryadi)

Setiap sisi masjid disediakan tempat berwudu dan toilet. Sisi Selatan digunakan untuk berwudu kaum wanita, sedangkan sisi Utara untuk kaum pria. Kedua tempat berwudu tersebut bisa menampung beberapa orang sekaligus. Selain airnya mengalir lancar dan bersih, juga nyaman digunakan.

Ada perbedaan antara tempat wudu kaum pria dan wanita. Kalau pria, tempat berwudunya ada di ruang terbuka, sedangkan khusus wanita lokasinya tertutup (dalam ruangan).

Pemilahan tempat berwudu ini tentu sangat baik, sehingga membuat kaum wanita merasa nyaman. Mereka tidak khawatir auratnya terlihat oleh pria yang bukan muhrimnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x