Mohon tunggu...
Jumardin Muchtar
Jumardin Muchtar Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Hasanuddin, info contact instagram @jumardinmuchtar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bagaimana Cara Mendidik Ketegasan Anak Sejak Dini?

27 Oktober 2021   22:43 Diperbarui: 27 Oktober 2021   23:06 97 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mendidik ketegasan anak sejak dini| Sumber Ilustrasi: Printed.id

Membesarkan anak-anak anda menjadi orang dewasa yang mandiri dan tegas penting untuk memberdayakan anak-anak anda agar dapat mengambil keputusan sendiri. Itu berarti menumbuhkan anak-anak yang percaya diri dengan kemampuan pengambilan keputusan yang positif di semua bidang. Anak-anak anda harus dapat mengambil keputusan yang mandiri dan positif di bidang fisik, emosional dan sosial. 

ini sangat penting untuk kesejahteraan dan harga diri mereka. Kuncinya adalah mulai ketika mereka masih muda menciptakan suasana di mana mereka didengar dan diizinkan untuk membuat keputusan sendiri akan membuat mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang mandiri. 

Anak-anak akan menyadari pentingnya membuat penilaian yang baik dan tanggung jawab yang mengelilingi keputusan mereka. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat membantu meningkatkan ketegasan anak anda:

  1. Melibatkan Mereka dalam Proses Pengambilan Keputusan Sehari-Hari

Anak Sedang Belajar Mengambil Keputusan|Ilustrasi: theasianparent.com
Anak Sedang Belajar Mengambil Keputusan|Ilustrasi: theasianparent.com
Melibatkan anak anda dalam proses pengambilan keputusan sendiri. Mintalah saran dari dia dan mulailah dengan hal-hal sederhana. Misalnya, minta kepada anak untuk membantu anda memutuskan menu makan malam serta melibatkan ia dalam proses pengambilan keputusan sehari-hari anda akan membantu ia untuk mendapatkan rasa penting dan mereka akan mampu menimbang dengan cermat sisi positif dan negatif dari pilihan-pilihan tersebut. 

ini akan meningkatkan peluang mereka untuk dapat membuat keputusan yang terinformasi dan logis. selain itu, anak anda akan menyadari bahwa pendapat mereka diperhitungkan dan itu akan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

2.  Biasakan Mereka Membuat Pilihan

Sikecil sedang menentukan pilihan|Ilustrasi: momdadi.com
Sikecil sedang menentukan pilihan|Ilustrasi: momdadi.com
Memberi anak anda pilihan dan meminta mereka untuk membuat keputusan berdasarkan pilihan yang diberikan kepada sikecil akan membantu membangun rasa kemandirian. Itu akan memberdayakan ia untuk mengambil keputusan mereka sendiri dan menyadari bahwa keputusan apa pun yang mereka buat, hasilnya akan menjadi konsekuensi dari keputusan tersebut. 

Penting bahwa sikecil sepenuhnya dan benar-benar membuat keputusan sendiri dalam kasus ini tanpa bantuan dari anda sama sekali. Ini juga akan menunjukkan minat dan kepercayaan anda pada pilihan dia yang mengarahkan mereka untuk membuat keputusan yang baik untuk diri sendiri di masa depan.

3. Ajukan Pertanyaan Anda Tentang Keputusan Sibuah Hati

Orangtua sedang mengajukan pertanyaan kepada anak|Ilustrasi: lifestyle.kompas.com.
Orangtua sedang mengajukan pertanyaan kepada anak|Ilustrasi: lifestyle.kompas.com.
Biarkan anak anda masuk ke kedalaman proses pengambilan keputusan mereka. Tidak penting hanya mampu membuat keputusan tapi penting juga untuk mengetahui mengapa ia memilih. Ini akan membangun kesadaran diri sekaligus membantu sibuah hati membuat keputusan yang tepat. 

Ia akan belajar untuk berhati-hati dengan pilihan dia, alih-alih hanya mengambil keputusan secara terang-terangan tanpa memikirkan dengan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan