Mohon tunggu...
Julleta Chantica
Julleta Chantica Mohon Tunggu... sedang berjuang

Find me on: Twitter @julletachan Instagram @julletachanticaa

Selanjutnya

Tutup

Politik

Jiwa Petarung Penghantar Kesuksesan Joko Widodo

6 Januari 2019   18:04 Diperbarui: 6 Januari 2019   20:09 341 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jiwa Petarung Penghantar Kesuksesan Joko Widodo
jokowi-dulu-minta-pt-20-persen-kok-sekarang-jadi-berbeda-5c31ed47c112fe0c161ad274.jpg

Seorang lelaki kelahiran Surakarta, Jawa Tengah ialah Ir. H. Joko Widodo atau akrab dengan sebutan Jokowi. Jokowi merupakan putra sulung dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Bukan sebagai anak tunggal, melainkan Jokowi memiliki tiga saudara kandung. Jokowi menikahi Iriana dan dikaruniai tiga buah hati Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Jokowi dilahirkan dari keluarga yang penuh dengan kesederhanaan. Perjalanan hidup Jokowi dimulai dari titik terbawah. Dalam hidupnya Jokowi pernah melewati masa-masa sulit. Sejak kecil Jokowi diajarkan oleh kedua orangtua untuk bertahan hidup dengan satu kata yaitu berjuang. Perjuangan yang dilakukan Jokowi ini adalah salah satu alasan supaya beliau bisa bertahan hidup dan tetap bisa melanjutkan sekolahnya sampai jenjang yang lebih tinggi.

Jokowi merupakan seorang pekerja keras selama hidupya. Ia melewati masa sulitnya dengan bekerja menjadi pedagang, ojek payung, dan pernah juga menjadi kuli bangunan. Dari sinilah Jokowi semakin memiliki jiwa petarung.

Perjuangan Jokowi semakin hari semakin kuat. Dengan usahanya yang beliau geluti semasa sekoahnya yaitu sebagai tukang penggergaji kayu. Usaha ini sebelumnya pernah juga dilakoni oleh bapaknya Noto Mihardjo. Pekerjaan yang mulai dilakoni Jokowi ini berawal dari usia 12 tahun saat  duduk di bangku sekolah dasar. Dari usaha kayu inilah Jokowi pergi ke pasar untuk mulai berdagang menemani sang ayah berjualan kayu di tepi jalan. Jokowi mencari kesibukan kerja bukan hanya berhenti pada berjualan kayu saja.

Di saat musim penghujan telah tiba, Jokowi mulai mencari akal agar supaya bisa menambah benih-benih penghasilan dalam hidupnya. Dengan menjadikan payung sebagai bahan kerjanya. Sebagai ojek payung pada sebuah keramaian pasar di Solo Jokowi melakoni pekerjaan tersebut. Perjalanan hidup Jokowi yang hampir setiap harinya berada di lingkungan pasar yang membuat beliau memiliki banyak cerita.

Banyak kenangan saat Jokowi berjuang di lingkungan pasar tersebut, tentunya kenangan tentang para pedagang di dalamnya. Bagaimana di lingkungan pasar tersebut pernah suatu ketika harus menelan kekalahan. Hal ini dapat terjadi karena adanya penggusuran dari pinggir jalan pasar tersebut.

Dengan adanya penggusuran di pasar tersebut tentu membuat pedagang semua repot memindahkan dagangannya kesana kemari. Semua kenangan itulah yang membuat Jokowi menjadi tahu bagaimana sebuah perjuangan hidup.

Setelah melewati perjuangan yang sangat panjang, Jokowi kemudian melanjutkan sekolahnya di sebuah perguruan tinggi negeri. Jokowi diterima di Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan, jurusan Kehutanan. Pembelajaran hidup Jokowi pada masa kecilnya waktu itu sangat berguna dalam menuntut ilmunya di perguruan tinggi tersebut.

Selama menjalani perkuliahan di jurusan Kehutanan, Jokowi tidak luput mempelajari masalah struktur kayu dan pemanfaatannya yang pernah ia geluti sebelumnya pada masa kecilnya. Setelah pada waktunya, Jokowi berhasil menyelesaikan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada tepatnya di Yogyakarta. Dengan kemampuan yang dimilikinya, pemahaman tentang kayu membuat Jokowi semakin yakin akan menjadi pengusaha tukang kayu.

Dilihat dari usaha kayu yang pada saat itu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan penuh keyakinan, Jokowi segera mencoba peluang usaha kayu atau lebih tepatnya menekuni pekerjaan di bidang mebel. Untuk berbisnis di bidang mebel tentu tidak hanya tanpa modal.

Dengan rumah satu-satunya yang dijadikan agunan bank sebagai modal membuka usahanya. Semua yang berbisinis tentu akan memiliki suatu resiko, entah itu rugi ataupun sebaliknya untung. Realitanya, bisnis mebel yang selama ini ditekuni oleh Jokowi ini sukses dan mampu mempekerjakan banyak orang di sekitar lingkungannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN