Mohon tunggu...
Julio Rendy Alberto Tambunan
Julio Rendy Alberto Tambunan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNPAR Fakultas Hukum

Comedy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

25 Oktober 2022   00:00 Diperbarui: 25 Oktober 2022   00:06 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan yang dilakukan dalam geladi hominisasi dari sebelum geladi hominisasi dimulai, saat geladi hominisasi dilaksanakan, dan sesudah geladi hominisasi dilaksanakan. Sebelum geladi hominisasi dilaksanakan, saya mendapatkan tugas untuk mengerjakan tugas pra geladi, tugas itu bertujuan untuk mengetahui tentang pengetahuan dan pendapat/penalaran saya terhadap negara Indonesia baik dari segi identitas negara, kondisi negara saat ini (kebudayaan, geografis, dan ketahanan pangan), dan peran apa yang bisa dilakukan generasi muda untuk mempertahankan unsur-unsur negara Indonesia. 

Saat geladi hominisasi saya melakukan banyak kegiatan yang sangat bermanfaat dan banyak memberikan pembelajaran. Yang saya lakukan atau saya dapatkan saat mengikuti geladi hominisasi adalah mendapatkan penjelasan tentang SINDU, apa  itu humanum, sikap toleransi, apa itu berpikir logis, dan penjelasan tentang UNPAR. 

Saat mengikuti geladi hominisasi saya juga melakukan kegiatan diskusi bersama kelompok yang sudah ditentukan yang bertujuan untuk melakukan presentasi bersama dengan kelompok dan untuk melatih saya bagaimana cara yang baik dan benar untuk melakukan presentasi di depan orang banyak. Sesudah melakukan geladi hominisasi saya diberikan tugas untuk membuat refleksi atau rangkuman dari geladi hominisasi.

Sebelum mengikuti geladi hominisasi saya belum mengetahui cara yang baik dan benar saat melakukan diskusi dan presentasi baik dengan sesama mahasiswa saat mengerjakan tugas maupun dengan orang lain di luar lingkungan kampus. Namun, sesudah mengikuti geladi hominisasi saya mendapatkan pembelajaran bagaimana cara berdiskusi dan melakukan presentasi yang baik dan benar. 

Saya juga diajarkan cara berpikir kritis. Saya dan kelompok diberikan waktu yang cukup singkat untuk melakukan diskusi dan merancang presentasi yang ingin dilakukan, waktu presentasi yang diberikan juga sangat singkat. Hal ini membuat saya dan kelompok harus berpikir kritis agar presentasi bisa terlaksana sesuai dengan waktu presentasi yang sudah ditetapkan. Waktu yang singkat untuk membuat rancangan presentasi, membuat saya dan kelompok harus berpikir kritis.

Saat mengikuti geladi saya diajarkan cara berpikir menggunakan logika dan pentingnya kemampuan menggunakan bahasa yang sudah ditetapkan oleh negara. Mengapa kita perlu berpikir menggunakan logika, agar saat kita mengeluarkan argumen, kita bisa membuktikan argumen yang kita berikan itu benar (valid) melalui ilmu pengetahuan yang sebelumnya sudah kita pelajari.

Mengapa kemampuan bahasa sebagai warga negara itu penting, karena bahasa adalah identitas negara yang sangat penting. Kemampuan berbahasa Indonesia sangat penting, karena Indonesia terdiri dari suku dan wilayah yang berbeda-beda, setiap suku dan wilayah di Indonesia memiliki bahasa daerahnya masing-masing. Jadi, diperlukan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar agar kita bisa berkomunikasi dan terhubung dengan orang lain yang berbeda wilayah dan suku dengan kita. Bahasa negara juga menjadi ciri dari mana kita berasal.

Saya mendapatkan pembelajaran atau informasi yang sangat bermanfaat sesudah mengikuti geladi hominisasi. Saya mendapatkan penjelasan mengenai apa itu SINDU UNPAR, ap aitu humanum (baik dari segi fisik, sosial, intelektual, kultural, religious, dan moral yang berkembang secara humanum), bagaimana sikap toleransi, dan bagaimana cara berpikir logis. Saya juga mendapatkan pembelajaran bagaimana berinteraksi yang baik dengan orang lain, bekerjasama dengan orang lain, berdiskusi dengan orang lain, dan bagaimana cara yang baik dan benar saat melakukan presentasi di depan orang banyak.

Saat melakukan perjalanan kuliah. Pembelajaran dari geladi hominisasi akan saya terapkan di perkuliahan saya. Seperti memperbaiki cara berdikusi saya dengan sesama mahasiswa atau dosen sesuai dengan yang saya pelajari pada geladi hominisasi, memperbaiki cara berpresentasi saya di depan dosen dan mahasiswa lain, meningkatkan kerja sama dengan mahasiswa lain, dan merubah pola pikir dan cara menyampaikan sesuatu dengan baik sesuai dengan yang saya pelajari pada geladi hominisasi.

Cara saya untuk meningkatkan cara berpikir dan berbahasa sebagai warganegara adalah mendengarkan pembelajaran dari orang lain dengan baik untuk meningkatkan cara berpikir dan berbahasa sebagai warganegara. Hal ini bisa dilakukan melalui keikutsertaan dalam organisasi kampus untuk melatih cara berpikir dan komunikasi atau berbahasa yang baik dengan orang lain dan bisa melalui keikutsertaan  pada acara-acara kampus seperti geladi, acara debat, dan sebagainya untuk mempelajari dan melatih cara berpikir dan pengunaan bahasa yang baik.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun