Mohon tunggu...
JW
JW Mohon Tunggu... Dosen - Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Hanya manusia biasa yang ingin mencoba mengapresiasi diri dengan menulis dan membaca secara sederhana , terkadang tulisan menerka dan menganalisa tanpa standarisasi hanya fenomena atau cerita fiksi hanya angan dan sedikit impian

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kenapa Murah

3 April 2019   09:55 Diperbarui: 3 April 2019   10:21 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pertanyaan pada pertama kali kita merasakan penggunaan sarana transportasi berbasis online , adalah " Mengapa bisa murah " pada tarif ojek konfensional. Bahkan beberapa kali ojeg konvensional dan ojeg aplikasi mengalami bentrokan .

Konsumen tentu saja akan beralih pada ojeg yang lebih murah .

Pertanyaannya bagaimana bisa menjadi lebih murah dan padahal berjarak yang jauh .

 beberapa hal yang sekarang terjadi adalah sistem aplikasi dilengkapi dengan perangkat yang bisa kita pantau keberadaan ojeg tersebut .

Peralatan ini dilengkapi perlengkapan peta yang selama kita memesan akan online sampai tujuan . dalam mode pemantauan peta ini tentu ada beberapa pihak yang menggunakannya , pihak pertama adalah pemesan , kedua adalah ojeg dan yang ketiga adalah server .

Pada sistem pengawasan ini cara kerjanya sama dengan navigasi dan streaming . sistem ini sama sama menyedot kuota . hanya saja tidak dirasakan terlalu besar pada paket kuota . karena sistem digital akan berbeda dengan sistem analog .

Digital memiliki frekwensi standart kotak kotak . sehingga pada saat data terkirim dari satu perangkat ke perangkat lain akan murah . dan beberapa teknik pengiriman data membantu sekali dalam pengiriman data .

Tetapi pada dasarnya streaming  penghantar data tetap saja boros . provider lah yang mendapat keuntungan besar . sebagai contoh perhitungan pada saat anda memesan ojeg sistem map telah aktif sampai terahkir anda sampai tujuan menutupnya , berapa menit kah sistem ini berjalan ? , sebagai contoh misalnya total pemakaian map anda adalah 20 menit . tapi pada kenyataannya adalah 3x 20 menit karena ada tiga pihak yang menggunakan pada saat bersamaan .

Hal ini sama dengan proses anda menonton film di youtube 60 menit , berapa mega kah yang anda habis kan kuota anda pada saat itu .

Tinggal di hitung sesuai dengan ketetapan pada tarif  provider . perlu di ketahui negara  kita tidak memiliki komputer penghasil kuota . semua ini kita beli dari sintel (sigapore telekomunication) oleh telkom . dan kemudian di ecer ke masing masing provider lain .

Artinya memang kita membayar apa yang kita pesan 3 kali pada provider dan 1 kali pada pengendara . maka tidak heran driver mendapat bonus dari hasil drive pada setiap kali pemenuhan target yang telah ditetapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun