Mohon tunggu...
JulianRamadhan
JulianRamadhan Mohon Tunggu... Fotografer

Menulis apa yang saya suka dan senangi.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tingkat Polusi di Jakarta Sudah Parah! Ini 7 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

6 Desember 2019   18:53 Diperbarui: 6 Desember 2019   19:13 140 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tingkat Polusi di Jakarta Sudah Parah! Ini 7 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari
satujam.com

Pergi ke kantor menggunakan mobil dan motor merupakan hal yang lumrah di lakukan orang Jakarta. Banyak orang Jakarta menggunakan kendaraan pribadinya ketimbang jalan kaki atau menggunakan transportasi umum. Dampaknya jika menggunakan kendaraan pribadi menyebabkan polusi dan kemacetan.

Oleh karena itu, lebih baik berjalan kaki ke tempat bekerja sembari mengurangi tingkat polusi di Jakarta dan menurunkan tingkat kemacetan. Yuk kita lihat dibawah manfaat jalan kaki jika dilakukan setiap hari.

bolasport.com
bolasport.com
1. Menurunkan Berat Badan
Siapa yang gak pede dengan perut agak maju ke depan? Daripada pergi kerja pake mobil atau motor, mending jalan kaki untuk mengecilkan perut yang ke depan.

Berjalan kaki dapat memperbaiki respon tubuh terhadap hormon insulin. Hormon ini bertugas untuk mengatur metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa mengurangi jumlah lemak pada perut.

klikdokter.com
klikdokter.com
2. Menurunkan Risiko Penyakit kronis
Penyakit kronis datang tidak secara tiba-tiba, biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk atau kondisi tubuh yang tidak sehat akibat makan makanan yang tidak sehat dan sembarangan.

Berjalan kaki bisa menurunkan kadar gula dan diabetes, ada sebuah studi di The New England Journal of Medicine 2002 menemukan bahwa orang yang berjalan 30 menit selama 5 hari atau seminggu, memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah daripada yang jarang berjalan kaki.

medkes.com
medkes.com
3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Orang yang sering berolahraga tidak mudah terkena penyakit dibandingkan yang jarang berolahraga. Jalan kaki merupakan olahraga paling ringan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terjaga. Jalan kaki ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

health.detik.com
health.detik.com
4. Memperbaiki Pencernaan
Gantilah minum kopi di pagi hari dengan berjalan kaki dengan berjalan kaki untuk mempermudah pencernaan yang ada di dalam tubuh kita. "Melakukan rutinitas berjalan kaki bisa meningkatkan pergerakan usus," kata Tara Alaichamy, DPT, seorang ahli terapi fisik.

hellosehat.com
hellosehat.com
5. Mengurangi Gejala Varises
Banyak orang baru berumur 30 tahun tapi sudah keliatan tuh urat-urat di betisnya, yap itu varises. Baru berumur 30tahunan sudah ada varises, daripada menimbulkan penyakit yang lebih parah mending berjalan kaki. Jika kita sering berjalan kaki bisa meminimalkan gejala varises dengan rutin berjalan kaki selama 30 menit sehari.

ayobandung.com
ayobandung.com
6. Menjaga Kesehatan Jantung
Banyak anak muda yang kurang peduli dengan kesehatan jantung dan berpikir jika serangan jantung terjadi secara spontan. Eitss, kayanya kamu harus berpikir ulang tentang ini, serangan jantung disebabkan oleh kehidupan yang tidak sehat, salah satunya karena jarang bergerak.

Jalan kaki merupakan salah satu untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Berjalan kaki setidaknya 30 menit/hari secara rutin 5 hari seminggu diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 19%.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x