Mohon tunggu...
Putu JulianKrisnanti
Putu JulianKrisnanti Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi STAH N Mpu Kuturan Singaraja

Putri kelahiran Bali

Selanjutnya

Tutup

Media

Apa Itu Komunikasi Massa?

29 Januari 2020   13:20 Diperbarui: 29 Januari 2020   13:25 7 1 1 Mohon Tunggu...

Hallo guys siapa sih disini yang gak kenal dengan kata komunikasi massa atau media massa, hampir seluruh masyarakat di dunia sudah menggunakannya bahkan ada yang sampai sudah menghasilkan pundi-pundi rupiah dari media massa. 

Sebagai anak ilmu komunikasi  wajib mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi Ya salah satunya mempelajari tentang komunikasi massa. Komunikasi massa merupakan proses komunikasi yang ditujukan kepada massa atau khalayak ramai.  

Komunikasi massa adalah bentuk komunikasi yang memanfaatkan saluran media baik cetak,elektronik maupun online, media-media tersebut sangat berguna dalam proses komunikasi antara pihak komunikator dengan pihak komunikan. Mempelajari tentang komunikasi massa tidak akan ada habisnya karena kita sendiri juga sudah mengaplikasikannya secara langsung dalam kehidupan sendiri. Banyak kajian yang  di bahas dalam komunikasi massa, sebagai cabang sari studi komunikasi , komunikasi massa menjadi salah satu yang paling sering dibicarakan dikarenakan peranannya yang sangat penting di era modern ini. 

Komunikasi massa memiliki beberapa proses yaitu suatu proses yang melukiskan bagaiamana komunikator menggunakana teknologi media massa secara proposional guna menyebarluaskan pesannya melampaui jarak untuk mempengaruhi khalayak dalam jumlah yang banyak, pada proses komunikasi hanya berupa pemberitahuan dan mendengarkan namun didalam suatu proses komunikasi harus mengandung pembagian ide, pikiran, fakta atau pendapat dari satu orang ke orang lain, proses komunikasi tidak terlepas dari hakikat komunikasi. 

Komunikasi massa memeliki beberapa komponen seperti media , regulasi, filter, audiens dan simbol balik dan tidak lupa pula komunikatornya. Belajar komunikasi massa sungguh sangat luas namun kita bisa memahaminya dengan baik jika kita mempraktekkannya langsung, berkomunikasipun tidak akan terlepas dari pribadi kita sendiri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x