Mohon tunggu...
Juliani Limbong
Juliani Limbong Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Tematik UPI 2021: Membantu Guru Sekolah Dasar dalam Menyiapkan dan Membuat Media Pembelajaran di Masa Pandemi

29 Juli 2021   01:54 Diperbarui: 29 Juli 2021   02:06 220 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Membantu Guru Sekolah Dasar dalam Menyiapkan dan Membuat Media Pembelajaran di Masa Pandemi
img20210728112946-1-6101a882b337b347f2283dc2.jpg

Sudah lebih dari satu tahun wabah Pandemi Covid-19 melanda dunia sejak saat virus yang pertama muncul dari kota Wuhan-Cina pada akhir tahun 2019 tersebut menyebar ke berbagai negara di dunia. Covid-19 menjadi begitu mengerikan dan menakutkan karena berita penyebarannya yang sangat mudah dan akibatnya yang dapat membawa kematian bagi yang terpapar. Wabah Covid-19 ini berdampak pada seluruh sektor kehidupan, baik sektor ekonomi, sosial, dan pendidikan. Menyikapi adanya pandemi ini, pemerintah memberlakukan kebijakan-kebijakan baru guna menekan angka penyebaran virus ini. Adanya kebijakan Work From Home (WFH) adalah sebagai salah satu solusi dalam upaya memutus rantai penularan virus Covid-19. Karena adanya kebijakan WFH, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menerbitkan surat edaran Kemendikbud Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Di dalam edaran tersebut berisi kebijakan tentang penetapan belajar dari rumah (School from Home/ Pembelajaran Daring). Pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka di kelas, kini harus dilakukan tatap maya di rumah masing-masing. Pembiasaan ini tentunya tidak mudah untuk diterima oleh banyak orang terutama bagi guru, siswa dan orang tua. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi alternatif bagi sekolah untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar-mengajar yang tidak terlepas dari teknologi digital.

Dalam proses pembelajaran daring saat ini, guru dituntut untuk membuat media pembelajaran yang kreatif supaya materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa serta dapat mendorong semangat dan motivasi siswa selama proses pembelajaran daring atau online. Hal tersebut menjadi tantangan untuk guru dalam menentukan, merancang dan membuat media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswanya, karena peran guru sangat penting dalam proses pembelajaran. Maka dari itu guru harus mengetahui media pembelajaran yang dapat membantu selama proses embelajaran daring/online.

Pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan Universitas Pendidikan Indonesia untuk tetap melakasanakan KKN secara daring yang berbeda dari biasanya, tetapi tetap memberikan wadah pengabdian bagi mahasiswa. KKN Tematik ini bertema “Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi”. Kali ini Universitas Pendidikan Indonesia mengarahkan mahasiswanya untuk melasanakan KKN daring didaerah tempat tinggal masing-masing secara individu ataupun dalam kelompok terbatas.

img-20210719-wa0007-6101a93c1525101e4266dc52.jpg
img-20210719-wa0007-6101a93c1525101e4266dc52.jpg
Juliani Limbong, salah satu peserta KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia 2021, yang merupakan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Kampus Cibiru, melaksanakan kegiatan KKN Tematik di daerah tempat tinggalnya, yaitu di Kabupaten Bandung. SD Negeri Batukarut 02 menjadi tempat Juliani untuk melaksanakan kegiatan KKN sekaligus merealisasikan programnya. Saat berkoordinasi dengan pihak sekolah, para guru disekolah tersebut berusaha untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran supaya kegiatan pembelajaran daring/online ini dapat berjalan dengan baik meskipun ada beberapa kendala yang harus dihadapi terutama dalam media pembelajaran. Juliani membantu mendampingi guru dalam membuat media pembelajaran berupa video pembelajaran yang akan digunakan pada saat kegiatan pembelajaran daring. Karena tak dapat dipungkiri bahwa media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran terutama pada saat pembelajaran daring. Media pembelajaran yang menarik akan membuat siswa lebih bersemangat dan lebih fokus dan merasa senang saat pembelajaran daring berlangsung.

Guru SD Negeri Batukarut 02 menerima dengan sangat baik, beliau dengan senang hati untuk berbagi informasi dalam membuat media pembelajaran berupa video pembelajaran tersebut. Selain itu pihak sekolah sangat terbuka dan memberikan fasilitas untuk Juliani dalam melaksanakan program KKN. Dengan ini, diharapkan Guru SD Negeri Batukarut 02 dapat lebih bersemangat dan termotivasi dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan supaya siswa lebih bersemangat selama pembelajaran daring berlangsung. Sehingga dapat menjadikan SD Negeri Batukarut 02 menjadi sekolah yang dapat berkembang dari sebelumnya terutama bagi guru dalam mempersiapkan pembelajaran daring/online.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN