Mohon tunggu...
Julianda Boangmanalu
Julianda Boangmanalu Mohon Tunggu... Lainnya - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis untuk memahami dan suka pada literasi

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mungkinkah Timnas Indonesia akan Keluar dari AFF?

21 Juli 2022   09:23 Diperbarui: 21 Juli 2022   09:37 171 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi pemain Timnas U-19 (foto: bola.okezone.com)

Kekecewaan yang dirasakan oleh pecinta bola tanah air tentu juga dirasakan oleh para pemain Tim Nasional (Timnas) U-19 pada saat laga di kejuaraan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) yang baru saja berlalu. Dibawah didikan Shin Tae-yong, squad U-19 sudah tampil maksimal. Buktinya, ketika melawan Myanmar, Muhammad Ferarri, dkk berhasil menorehkan kemenangan 5-1 atas Myanmar.

Meski menang atas Myanmar, timnas U-19 Indonesia harus berakhir pada peringkat ketiga klasemen akhir grup A dengan koleksi 11 poin karena kalah head to head. 

Dengan demikian, squad Garuda Nusantara gagal menuju semifinal. Sementara Vietnam berada di posisi pertama dengan 11 poin dan Thailand posisi kedua, juga 11 poin.

Kekalahan ini ditengarai disebabkan adanya dugaan 'main mata' antara timnas U-19 Thailand dan Vietnam. Dugaan 'main mata' itu terjadi ketika kedua tim bertemu di pertandingan terakhir grup A. Kedua timnas tersebut terindikasi bermain 'sepak bola gajah' untuk mempertahankan tiket ke semifinal piala AFF U-19 2022.

Laga timnas Vietnam U-19 vs timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022 terindikasi ada 'sepakbola gajah' (foto: instagram///@Changsuek_TH)
Laga timnas Vietnam U-19 vs timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022 terindikasi ada 'sepakbola gajah' (foto: instagram///@Changsuek_TH)

Untuk dipahami, head to head dalam kejuaraan AFF artinya adalah pertandingan yang kemenangannya sisi kekuatan tim yang lebih superior satu sama lain (sumber link). Misalnya, Tim A mempunyai poin yang sama dengan Tim B, karena dalam pertandingan yang sama Tim A pernah menang atas Tim B, maka yang menang secara head to head adalah Tim A.

Akibat dari kekalahan tersebut, banyak desakan dari suporter timnas Indonesia, terlebih-lebih melalui media sosial, agar Tim Garuda Nusantara hengkang dari AFF dan beralih ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Namun, sebelum PSSI mengambil langkah untuk keluar dari AFF dan bergabung dengan EAFF, harus dilakukan dengan pertimbangan yang sangat matang terkait peluang dan tantangan yang mungkin akan dilewati. Karena kepindahan tersebut tentunya mempunyai dampak positif dan dampak negatif. 

Tantangan

Dirangkum dari berbagai media tantangan yang mungki dialami oleh PSSI/timnas Indonesia, yakni:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan