Mohon tunggu...
JULIAN NOVALDI
JULIAN NOVALDI Mohon Tunggu... Salah seorang mahasiswa di Jogja

Salah seorang mahasiswa di Jogja

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Membangun Kembali Kompetisi Esports di Tengah Pandemi Corona

30 April 2021   00:50 Diperbarui: 30 April 2021   01:10 27 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun Kembali Kompetisi Esports di Tengah Pandemi Corona
whatsapp-image-2021-04-30-at-00-11-00-608ae908d541df4a261bff04.jpeg

Sebenarnya Indonesia sudah eksis di industri esports sejak berkembangnya internet sekitar tahun 1990-an. Sudah banyak masyarakat yang sudah memainkan game online yang sebelumnya sudah banyak digemari oleh masyarakat dunia seperti Korea Selatan.

Game online memungkinkan semua orang bisa memainkannya dengan menggunakan jaringan internet. Setiap orang bisa bermain bersama meskipun tidak berada di dalam satu tempat yang sama. Dari sinilah cikal bakal munculnya esports yang akhirnya bisa berkembang hingga sekarang.

Saat itu juga sudah muncul warung internet (warnet) yang biasa digunakan oleh sebagian besar orang untuk bermain game online. Esports secara resmi muncul di Indonesia pada tahun 1999 yang ditandai dengan ikut serta kompetisi game online.

Namun pada saat pandemic pada saat ini, membuat para penggiat E-sports  harus terus memutar otak guna menghidupkan kembali atmosfer kompetisi  Esports yang ada di Indonesia, terutama turnamen tingkat nasional yang dilakukan secara offline di Jakarta. dan tentunya hal ini akan menjadi suatu kebanggaan para gamers apabila mereka berhasil dalam mendapatkannya.

Ini akan menjadi salah satu tantangan dalam membangun Esports karena kurangnya kompetisi offline membuat para gamers kehilangan gairah dalam mendapatkan juara, karena kebanyakan kompetisi dilakukan secara online ( daring ) dan dinilai kurang seru dalam kompetisinya, kesulitan dalam mendapatkan sponsor di era pandemi seperti saat ini membuat pendanaan team Esports semakin sulit.

Esports saat ini sudah menjadi Industri yang menjanjikan, dikarenakan banyaknya peminat dari kalangan anak-anak hingga yang dewasa sudah pasti bisa dalam bermain game, namun dibalik itu semua pasti ada sisi positif dan sisi negatifnya. Dan untuk anak-anak sebaiknya dibawah pengawasan dari orang tua.

VIDEO PILIHAN