Mohon tunggu...
Julia
Julia Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Anak Dian Harapan Sedang Penuh 'Drama'

6 November 2016   21:15 Diperbarui: 6 November 2016   21:42 9 0 0 Mohon Tunggu...

Drama merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama masih dikategorikan dalam seni. Untuk menonton drama tentu saja tidak dibatasi umur. Siapa saja dapat menikmati salah satu karya seni ini. Kebanyakan para remaja biasanya hanya sebagai penikmat atau penonton dari pada drama. Bagaimana jika remaja tersebut mendapat peranan dalam drama?

Siswa kelas 12 Dian Harapan Cikarang diberi kesempatan untuk menunjukkan seni, tepatnya seni drama. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengambilan nilai untuk ujian praktek kelas 12 yang kerap dilakukan setiap tahun. Kegiatan ini terbilang baik untuk siswa yaitu meningkatkan jiwa seni dalam diri. Pada drama ini tema tetap sama seperti tahun lalu yaitu diambil dari cerita luar negeri. Naskah pada drama harus setidaknya 80% dinyanyikan. Ya, drama ini merupakan drama musikal. Setiap kelas terdapat 2 kelompok yang beranggotakan minimal 10 orang. Dari kegiatan ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan jiwa seni drama, seni rupa dan seni musik. Selain itu, mereka juga belajar bagaimana meningkatkan kerja sama tim agar dapat berjalan dengan baik.

Rupanya kegiatan ini disambut baik oleh siswa tepatnya kegiatan ini cukup dinikmati oleh siswa. Dimulai dari pemilihan negara, pemilihan cerita, pemilihan tokoh, pembuatan naskah sampai latihan drama. Dalam kegiatan ini, tentu saja guru memberikan waktu kepada murid untuk mempersiapkan ini disekolah. Mulai dari pembuatan properti, latihan, gladi kotor sampai gladi bersih.

Pastinya semua murid mempersiapkan sebaik mungkin karena kiranya drama musikal ini akan ditonton oleh orang tua murid dan juga murid yang membeli tiket nonton. Tiket nonton ini akan diberlakukan untuk ajaran tahun ini agar diperkirakan tiada keributan keluar masuk ruangan sehingga semua lebih teratur. Siswa mengatur sedemikian rupa agar penonton menikmati jalur cerita yang ditampilkan.

Siswa berharap semua dapat berjalan dengan lancar. Siswa sudah mempersiapkan drama ini mulai dari pertengahan agustus. Drama musikal ini akan ditampilkan pada 2017, tahun depan di chapel. Kiranya orang tua siswa kelas 12 akan datang untuk melihat putera puteri anda berlakon diatas panggung. 

Jadi penasaran, seperti apa ya drama yang ditampilkan? 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x