Mohon tunggu...
Julfikri
Julfikri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa / S1 - Akuntansi / Universitas Diponegoro

Belajar / Introvert

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TERPENTING!! Terpadu Mencegah Stunting, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Pengenalan serta Pencegahan Stunting di Kelurahan Dadapsari

15 Agustus 2022   20:14 Diperbarui: 16 Agustus 2022   17:43 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelurahan Dadapsari, Semarang (06/08/2022). Tumbuh dan kembang anak merupakan faktor penting yang menentukan bagaimana mereka nantinya. Tumbuh kembang anak bisa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal biasanya dipengaruhi oleh lingkungan mereka. 

Dimulai dari lingkungan yang terkecil, atau lingkungan besar yaitu masyarakat. Kemudian, faktor internal dipengaruhi oleh badan mereka. Hubungannya biasanya pada apa yang mereka konsumsi sehari-hari. 

Jika faktor internal ini tidak dipenuhi dengan baik maka anak akan mengalami stunting, dimana tumbuh kembang anak tidak sesuai dengan umur mereka. Untuk mencegah stunting, diperlukannya edukasi kepada orang tua, terutama ibu mereka untuk mengetahui bagaimana gejala dan mencegah stunting.

Ibu merupakan figur penting dalam keluarga. Bagai bangunan yang kokoh, ibu merupakan pondasi yang nantinya akan menciptakan keluarga yang kokoh dan harmonis. 

Maka dari itu, ibu-ibu Kelurahan Dadapsari kami jadikan sasaran untuk penyuluhan ini. Penyuluhan ini bertujuan agar ibu-ibu dapat memahami serta mendapatkan informasi baru bagaimana pencegahan serta gejala anak mereka yang terindikasi stunting. 

Kemudian, penyuluhan terkait perencanaan rumah tangga juga kami berikan, dengan tujuan agar ibu-ibu dapat memberikan asupan yang baik tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. 

Penyuluhan ini juga dipaparkan materi soal bagaimana pola hidup bersih dan sehat, pengukuran, Teknik menyusui, serta gizi seimbang untuk anak yang terdiri dari ASI, MPASI, dan makanan setelah umur 3 tahun.

Pemaparan materi juga disertai dengan pembuatan produk yang sesuai dengan gizi anak yaitu pembuatan nugget bandeng. 

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 06 Agustus 2022, di Rumah Panggung RW.04 Kelurahan Dadapsari. Kegiatan ini dihadiri oleh 22 peserta. 

Ibu-ibu cukup antusias dengan materi yang kami paparkan. Selain itu, kami juga memberikan video edukasi yang kami unggah di youtube.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun