Mohon tunggu...
Jujun Junaedi
Jujun Junaedi Mohon Tunggu... Penulis - terus lumampah

semangat terus

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ciri Orang yang Mendapat Hidayah Allah, Buya Yahya: Yasyroh Shodrohu lil Islam

7 Oktober 2022   16:19 Diperbarui: 7 Oktober 2022   16:31 229 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buya Yahya, Tangkapan Layar Channel Youtube Al-Bahjah TV


Hidayah secara bahasa berarti petunjuk. Lawan katanya adalah: "Dholalah" yang berarti "kesesatan" Secara istilah (terminologi), Hidayah ialah penjelasan dan petunjuk jalan yang akan menyampaikan kepada tujuan sehingga meraih kemenangan di sisi Allah. Demikian disebutkan Bustami Saladin dalam jurnalnya yang berjudul "Hidayah dalam Islam".

Umat Islam dalam kesehariannya minimal sebanyak 17 kali memohon hidayah atau petunjuk dari Allah SWT. Permohonan tersebut taraktualisasikan dalam pelaksanaan shalat fardhu, di dalam shalat tiap pribadi muslim membaca surat Al-Fatihah yang di dalamnya tertuang ayat ke 6 , Ihdinash shiroothol mustaqiim artinya "Tunjukilah kami jalan yang lurus,".

Melalaui ayat tersebut seorang muslim tiap harinya tidak berhenti memohon petunjuk kepada Allah agar diberikan jalan yang lurus yaitu jalannya orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah dan memohon agar dirinya dijauhkan dari jalan-jalan orang yang telah dimurkai dan disesatkan Allah.

Lalu bagaimana ciri orang yang mendapatkan hidayah dari Allah, Yahya Zainul Ma'arif, Lc., M.A., Ph.D., atau yang lebih akrab disapa Buya Yahya melalui chanel youtube Al-Bahjah TV mengatakan orang yang mendapat hidayah dari Allah mempunyai ciri yaitu hatinya lapang dengan Islam.

Sebagaimana Buya Yahya kutip dari Al-Quran surat Al-An'am Ayat 125, fa may yuridillaahu ay yahdiyahuu yasyroh shodrohuu lil-islaam, wa may yurid ay yudhillahuu yaj'al shodrohuu dhoyyiqon harojang ka-annamaa yashsho''adu fis-samaaa, kazaalika yaj'alullohur-rijsa 'alallaziina laa yu-minuun

Artinya:
"Barang siapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk (menerima) Islam. Dan barang siapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman."

Menurut Buya Yahya yang merupakan pimpinan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon, mengatakan ada dua model hidayah yaitu dia tahu akan kebenaran dan dia rindu untuk mengambil kebenaran tersebut.

Kemudian lanjut Buya Yahya ciri orang yang mendapat petunjuk (hidayah) dari Allah adalah hatinya lapang dengan Islam (yasyroh shodrohuu lil-islaam). Orang yang dapat hidayah, dia tahu bahwa Islam itu adalah benar dan kebaikan kemudian orang tersebut senang /gembira atas segala kebaikan di dalam Islam.

Berikut Buya Yahya sampaikan contoh-contoh perilaku umat Islam yang mendapatkan hidaya Allah SWT, antara lain senang menghadiri dan menggelar pengajian/majelis ilmu, senang dan suka bersedekah (mudah mengeluarkan sedekah), bergembira dan senang melakukan berbagai kebaikan, selalu bersykur atas segala musibah (bergembira saat kehilangan harta), dan senang dan percaya diri dengan Islam.

Demkian, mohon maaf atas segala kesalahan dan kehilapan.

Semoga bermanfaat
Wallahu'alam bishawab

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan