Mohon tunggu...
Jujun Junaedi
Jujun Junaedi Mohon Tunggu... Penulis - terus lumampah

semangat terus

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Sayangilah Dirimu dan Saudaramu, Jauhilah Ghibah!

1 Oktober 2022   06:44 Diperbarui: 1 Oktober 2022   06:50 76 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: pixabay.com


GHIBAH, ya itulah kata yang kerap kali menghiasi pada kehidupan kita sehari-hari.

Membicarakan kejelekan, kekurangan dan aib orang lain, dan orang yang dibicarakannya tersebut tidak ada di tempat, itulah Ghibah.

Ghibah adalah perbuatan tercela dan dilarang keras dalam Islam.

Bahkan di dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 12 Allah menegaskan kepada setiap diri orang beriman untuk tidak mencari-cari kesalahan orang lain, terlebih kesalahan, aib atau kekurangan orang lain tersebut disebarluaskan.

Artinya:
"Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."
(Tulisan Arab dan terjemah via Al-Qur'an Indonesia https://quran-id.com)

Ayat tersebut menjelaskan 3 hal yang harus kita hindari:
1. Janganlah berprasangka buruk kepada saudara kita.
Disadari atau tidak ada diantara kita gampang melalukan berprasangka buruk atau menuduh orang lain melakukan kesalahan. Padahal, dalam Islam diajarkan kita harus teliti, hati-hati dalam bertutur kata dan bersikap.

Ketidaktelitian atau kecerobohan dalam berucap dan bersikap tidak jarang mendatangkan kemudaratan kepada orang lain dan diri sendiri.

2. Janganlah mencari-cari kesalahan orang lain
Kebiasaan jelek yang kedua adalah senang mencari-cari kesalahan orang lain. Kita diingatkan sekaligus dilarang untuk mencari-cari kesalahan dan kekurangan lain, karena perbuatan tersebut akan mendatangkan kerugian bagi orang lain.

3. Janganlah menggunjing aib atau kesalahan orang lain.
Menggunjing atau membicarakan kejelekan orang lain sangat dilarang dalam Islam, bahkan menggunjing saudara kita diumpamakan seperti kita memakan daging saudaranya yang sudah mati. Tentu perbuatan ini sangat keji dan menjijikan.

Setelah kita tahu dan menyimak ayat Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 12 tentang larangan untuk berghibah maka tidak ada alasan bagi kita melakukan pergunjingan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan