Mohon tunggu...
juju juriyah
juju juriyah Mohon Tunggu... Guru - Artikel

Perempuan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berdamailah dengan Hal-hal yang Tak Diharapkan

4 Desember 2022   22:40 Diperbarui: 4 Desember 2022   23:02 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                 

Setiap manusia dalam perjalanan hidupnya tak lepas dari godaan dan cobaan. Ujian datang silih berganti. Menghadapi hal-hal yang tak diharapkan. Kadang kita berpikir "Mengapa aku selalu dilanda kesusahan sedangkan temanku kelihatannya selalu baik-baik saja dan bahagia" Kalimat yang timbul dalam benak itu merupakan self talk yang negatif. Karena  setiap manusia selalu diberikan ujiannya masing-masing. Allah berfirman dalam Q.S. Al- 'Ankabut ayat 2 yang artinya  "Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan , "Kami telah beriman", dan mereka tidak diuji?". Dari arti ayat tersebut sudah jelas bahwa setiap  manusia yang  hidup pasti diberikan ujian yang sesuai dengan kemampuannya asing-masing. Seperti dalam Q.S. Al-Baqoroh ayat 286 yang  artinya  bahwa " Allah tidak membebani seseorang melainkan dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala dari kebaikan yang diusahakannya,  dia mendapat siksa dari kejahatan yang dikerjakannya (Mereka berdoa) " Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada  orang-orang sebelum kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaf kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Dari kedua  ayat di atas, bisa diasimpulkan bahwa manusia yang hidup di dunia ini pasti ada ujian-ujiannya dan semua ujian itu disesuaikan dengan kemampuannya masing-masing. Oleh karena itu jika dalam langkah kita ada aral melintang atau kejadian tak diharapkan yang membuat kita bersedih bahkan mungkin saja terpuruk, janganlah berputus asa. Karena itu sebagai ujian kita dalam menggapai kesuksesan dan kebahagiaan. Dalam setiap persoalan pasti ada jalan keluarnya. Seperti yang Allah firmankan dalam  Q.S Al-Insyirah ayat 5 yang artinya "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu  ada kemudahan".  

Bersabar dan Bersemangatlah dalam menjalani hidup, walau selalu saja ada rintangan yang menghalangi langkah kita dan selalu saja ada kesedihan-kesedihan yang datang, karena dengan berusaha dan berdoa itu semua pasti berlalu pada waktunya dan akhirnya  kita akan menemukan sebuah kelapangan dan kebahagiaan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun