Mohon tunggu...
Juca aiyolanda
Juca aiyolanda Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Historian dan Pendidik. Mahasiswa Pascasarjana Filologi UI.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengurangi Kertas Setelah Pandemi

7 Juni 2020   05:12 Diperbarui: 7 Juni 2020   05:16 26 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengurangi Kertas Setelah Pandemi
Ilustrasi membuang sampah (Jabar Milenial)

Apakah kamu masih menggunakan kertas sekali pakai, kenapa tidak berpikir untuk mencoba membuatnya, menarik bukan. Bagaimana cara membuatnya? Apakah cara membuatnya menggunakan mesin seperti perusahaan pembuat bubur kertas ,dan dari manakah bahan-bahanya?

Sebelum menjawab keraguan anda, tidak salahnya kita sedikit lebih memperhatikan lingkungan sekitar, terutama penggunaan kertas. Sampai saat ini kita masih sangat ketergantungan  dengan kertas, baik itu digunakan di sekolah, kampus, perkantoran, swalayan-swalayan dan pasar-pasar tradisional. 

Bahkan terkadang kita juga mengunakan kertas untuk membersihkan noda di meja. Walaupun demikian selama masa Convid-19 penggunaan kertas tentunya menurun, akan tetapi saat keadaan berjalanan normal tentunya penggunaanya akan meningkat lagi.

Dampaknya lahan produksi akan semakin meluas, dan angka penyempitan lahan hijau tidak terhindarkan. Sebagai konsumen utama apakah kita ingin menjadi bagian yang terbaik bagi bumi ini, tidakkah anda ingin mencoba hal yang sederhana  untuk membantu bumi  kita, terlebih lagi tanggal 5 juni yang lalu kita telah merayakan Hari Lingkungan Hidup, tentunya ini bisa menjadi momen kita  belajar merawat  bumi.

Tidak berlama lagi berikut cara membuat kertas dari limbah kertas : hal-hal yang anda sediakan dalam membuat kertas adalah gunting, stapler  besar atau paku payung, mold/cetakan, blender, wadah air harus lebih besar dari ukuran cetakan, dan yang terakhir  adalah bahan baku utama, kertas yang tidak terpakai.

Bahan baku kertas  bisa kalian dapatkan dimana saja, apakah dari koran-koran yang tidak digunakan, berkas-berkas revisi penelitian kalian yang telah dicoret dosen, barangkali atau buku-buku catatan yang tidak terpakai lagi, dan berbagai jenis kertas lainnya. Bahan-bahan tadi akan lebih baik didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.

Hal pertama adalah membuat mold/cetakan kertas dari bingkai yang ditempelkan jaring. Terdiri dari 2 buah frame dari kayu. frame pertama sebagai tempat menempelkan jaring, satu lagi sebagai penutup sisi. Alternatif dari frame, kita bisa menggunakan bingkai foto di rumah ukuran 12R atau ukuran lainnya. Untuk jaring, belilah jaring 1 meter kain kasa( kain screen) di toko bangunan.

Gunting lah kain sesuai ukuran frame. Pada sisinya ditempelkan menggunkan stapler atau paku payung ke semua sisi frame, tetapi terlebih dahulu kita harus menarik kain agar tidak renggang. Setelah frame pertama jadi, satukan dengan frame penutup yang tidak diberi jaring.

Dari semua proses di atas tidak akan terjadi jika belum mempersiapkan bubur kertas, begini caranya. Siapkan blender terlebih dahulu, masukan cacahan kertas ke dalam bleder dan jangan lupa untuk memasukan air. Pastikan cacahan kertas menjadi halus lalu saring sampai kering, sangat mudah bukan. Lakukan tahap ini dua atau tiga kali agar kertas benar-benar hancur. Untuk membuat kertas menjadi semakin putih anda bisa menggunakan pemutih pakaian untuk memperoleh bentuk kertas yang putih dan bersih.

Tahap yang terakhir adalah membuat kertas. Bentuk bubur kertas menjadi sebuah adonan, dan larutkan ke dalam wadah, kemudian frame  yang telah dibuat sebelumnya direndam di dalam adonan, pastikan adonan larut merata di dalam air. Sebagai tambahan perlu diingatkan, gunakalah sarung tangan lattex untuk menghindari iritasi dan menjaga tangan anda tetap kering.  

Angkat dengan perlahan frame, dan  letakan di atas meja. Setelah frame yang telah di rendam di dalam adonan benar-benar kering, buka penutup frame, letakan sisa potongan  kain kasa seukuran frame  di atas cetakan, dan balik perlahan. Biarkan kertas menempel pada kain kasa untuk kemudian dikeringkan. 

Anda bisa membiarkannya kering dengan alami di bawah sinar matahari , atau dengan mengangin-anginkan. Pastikan kertas benar-benar kering agar bisa diangkat. Angkat perlahan kertas yang telah kering, selanjutnya kertas siap digunakan.

Untuk memberikan sentuhan yang berbeda pada kertas seperti kertas-kertas berwarna coklat yang kuno di film-film Harry Potter atau di museum. Berikut cara membuat kertas kalian lebih unik, dengan bahan-bahan seperti, taburan putik bunga, glitter, atau remah-remah kayu, atau pewarna makanan bewarna coklat. 

Dan, yang perlu kita perhatikan adalah jangan menambahkan terlalu banyak sehingga  tidak menutupi keseluruh permukaan adonan. Caranya adalah campurkan bahan-bahan di atas dengan bubur yang telah kita buat. seperti langkah yang telah kita pelajari sebelumnya. 

Cukup taburkan di dalam wadah yang telah kita masukan adonan bubur kertas, dan lakukan langkah yang sama di awal pembuatan kertas. Kertas-kertas yang dihasilkan nantinya tentunya akan sangat unik.

Serat-serat kertas yang biasa anda lihat hanya polos bewarna putih, tetapi sekarang anda bisa  membuatnya memiliki kontur , berwarna, dan tentunya bentuknya akan sangat artistik sekali. 

Cetaklah beberapa kertas dan satukan menjadi satu jilid buku catatan siap pakai, atau anda bisa menggunakannya untuk menulis kartu ucapan, tentunya sangat berbeda daripada yang di temukan di toko kertas, dan orang yang menerimanya akan sangat senang tentunya. Selamat mencoba.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x