Mohon tunggu...
Juan Xariskara
Juan Xariskara Mohon Tunggu... Hoteliers - From West Indonesia 💛

Student tourism and hospitality major at Private Tourism School of Trisakti Jakarta (STP Trisakti Jakarta) and fully scholarship awardee from Ministry of Education and Culture (Kemendikbud). Love travelling and express the experience in writing. Future Executive Housekeeper or hospitality industry leader for 4/5 -star hotel in Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tahap-Tahap untuk Melakukan Reservasi melalui Telepon di Hotel

29 Juni 2021   15:23 Diperbarui: 29 Juni 2021   15:47 3836
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hii Temannn-temann selamat datang dan selamat membaca semua tulisan,

saya Juan Xariskara mahasiswa STP Trisakti jurusan Perhotelan dan saya adalah penerima beasiswa Prestasi dari Kemendikbud ..

ini adalah wadah tulisan saya untuk membagikan sesuatu yang ingin saya bagikan dan semoga bermanfaat teman-teman..

Kali ini saya akan membahas mengenai cara menghendel reservasi melalui telepone, sebelumnya temen" sudah pada tau belum reservasi itu ada beberapa macam lhoo 

1.Melalui telepone

2.Melalui Email

3.Travel Agent ( traveloka,pegi",agoda, dll)

4.Langsung (Direc/walk in)

5.Aplikasi dari hotel

Nah kali ini saya akan membahas tahap" untuk melakukan reservasi melalui telepon 

  • Melakukan greeting ( sapaan pada saat di telepon "Selamat pagi Bapak/Ibu, Dengan Juan ada yang bisa di bantu")
  • Menanyakan type dan jumlah kamar yang diminta atau dikehendaki tamu yang memesan
  • Menanyakan tanggal kedatangan dan keberangkatan tamu
  • Melakukan check pada reservation chart, apakah msih ada kamar yang masih kosong
  • Menjelaskan harga kamar dan fasilitas-fasilitas nya (apabila tidak ada kamar yang available, untuk sementara kamar diwaiting list kan dan diberitahukan secepatnya bila ada perubahan, pembatalan dan sebagainya)
  • Menanyakan nama tamu yang akan menginap, menanyakan informasi-informasi lain dari si tamu, seperti nomor telepon, alamat nya dan bagaimana metode pembayarannya. Dalam musim penuh (high season) usahakan mendapat deposit dari si tamu.
  • Setelah data yang diperlukan didapat semua, ulangi sekali lagi pesanan kamar tersebut.
  • Mengucapkan terima kasih atas pesanan kamar tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah memproses pesanan kamar tersebut, seperti ke memasukan nya ke dalam reservation plan, chart/ agenda dan sebagain

 Setelah semua sudah dilakukan pastikan teman" jangan lupa untuk memboking kamar atas permintaan tamu dengan semua keinginan atas kamar tersebut ( Special Request ).

Terimakasih atas  waktunya untuk membaca artikel saya semoga bermanfaat....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun