Hii Temannn-temann selamat datang dan selamat membaca semua tulisan,
saya Juan Xariskara mahasiswa STP Trisakti jurusan Perhotelan dan saya adalah penerima beasiswa Prestasi dari Kemendikbud ..
ini adalah wadah tulisan saya untuk membagikan sesuatu yang ingin saya bagikan dan semoga bermanfaat teman-teman..
Kali ini saya akan membahas mengenai cara menghendel reservasi melalui telepone, sebelumnya temen" sudah pada tau belum reservasi itu ada beberapa macam lhooÂ
1.Melalui telepone
2.Melalui Email
3.Travel Agent ( traveloka,pegi",agoda, dll)
4.Langsung (Direc/walk in)
5.Aplikasi dari hotel
Nah kali ini saya akan membahas tahap" untuk melakukan reservasi melalui teleponÂ
- Melakukan greeting ( sapaan pada saat di telepon "Selamat pagi Bapak/Ibu, Dengan Juan ada yang bisa di bantu")
- Menanyakan type dan jumlah kamar yang diminta atau dikehendaki tamu yang memesan
- Menanyakan tanggal kedatangan dan keberangkatan tamu
- Melakukan check pada reservation chart, apakah msih ada kamar yang masih kosong
- Menjelaskan harga kamar dan fasilitas-fasilitas nya (apabila tidak ada kamar yang available, untuk sementara kamar diwaiting list kan dan diberitahukan secepatnya bila ada perubahan, pembatalan dan sebagainya)
- Menanyakan nama tamu yang akan menginap, menanyakan informasi-informasi lain dari si tamu, seperti nomor telepon, alamat nya dan bagaimana metode pembayarannya. Dalam musim penuh (high season) usahakan mendapat deposit dari si tamu.
- Setelah data yang diperlukan didapat semua, ulangi sekali lagi pesanan kamar tersebut.
- Mengucapkan terima kasih atas pesanan kamar tersebut.
- Langkah selanjutnya adalah memproses pesanan kamar tersebut, seperti ke memasukan nya ke dalam reservation plan, chart/ agenda dan sebagain
 Setelah semua sudah dilakukan pastikan teman" jangan lupa untuk memboking kamar atas permintaan tamu dengan semua keinginan atas kamar tersebut ( Special Request ).
Terimakasih atas  waktunya untuk membaca artikel saya semoga bermanfaat....