Mohon tunggu...
Juan Hardnov Rumbi
Juan Hardnov Rumbi Mohon Tunggu... Mahasiswa - .

Salam sehat selalu

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Freelancer di Masa Kini: Untung atau Rugi?

17 Januari 2022   23:17 Diperbarui: 18 Januari 2022   11:16 184 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Masa sekarang, orang banyak sering mendengar salah satu pekerjaan yang bisa dibilang cukup populer yaitu freelancer. Sesuai arti namanya, freelancer merupakan orang yang bekerja pada suatu perusahaan tanpa adanya perjanjian panjang yang mengikat, melainkan hanya kontrak kerja dalam jangka waktu yang ditentukan.

Pekerjaan sebagai seorang freelancer umunya ditekuni oleh anak-anak muda, baik masih SMA maupun yang sedang berkuliah, hal ini dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seiring perkembangan teknologi, seorang freelancer sudah dapat bekerja dari jarak jauh tanpa harus datang ke kantor.

Dengan menawarkan banyaknya kebebasan, freelancer dapat menjadi pilihan karir beberapa orang. Tetapi apakah freelance menguntungkan, ataukah merugikan? Mari kita bahas bersama.

Keuntungan Sebagai  Freelancer

Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapatkan apabila menjadi seorang freelancer.

  • Pekerjaan bersifat tidak dipaksakan
    Artinya kita dapat memutuskan sendiri apakah kita mau mengambil atau menolak pekerjaan yang ditawarkan kepada kita tanpa adanya pengaruh dan paksaan dari pihak pemberi kerja. Yang tentunya harus mempertimbangkan beberapa faktor yang sesuai dengan minat kita.

  • Bekerja sesuai passion
    Ini adalah salah satu faktor yang penting dan menguntungkan, karena dengan kita bekerja sesuai passion, maka kita dapat menjalankan pekerjaan tersebut dengan penuh hati dan tentunya menghasilkan karya yang terbaik.

  • Bayaran sesuai skill yang dimiliki
    Bayaran untuk seorang freelancer ditentukan dari skill yang ditawarkan kepada klien. Semakin tinggi skill yang dimiliki, maka kita dapat menetapkan bayaran yang kita inginkan, karena sebanding dengan skill yang akan menentukan hasil pekerjaan.

  • Bebas dan fleksibel
    Sebagai seorang freelancer, maka pekerjaan ini dapat dilakukan kapan dan dimana saja tanpa memandang waktu dan tempat. Jadi, kita bisa bekerja baik dari cafe, bahkan dari kamar sendiri. Dalam hal ini bebas juga dapat diartikan bahwa kita dapat memilih klien sesuai dengan yang membutuhkan skill kita.

  • Memperoleh penghasilan tambahan
    Hal ini dapat menjadi suatu keuntungan, karena sebagai seorang freelancer dapat dikategorikan sebagai pekerjaan sampingan. Artinya, kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan ini, dan hal ini umumnya dilakukan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa meminta dari orang tua.

Kerugian Sebagai Freelancer

Selain keuntungan, sekarang kita akan membahas apa saja sih kerugian menjadi seorang freelancer.

  • Penghasilan tidak tetap
    Hal ini bisa terjadi karena sifat pekerjaan freelance yang fleksibel, sehingga bisa saja kita mendapat kondisi kekurangan klien yang menyebabkan penghasilan per bulan menurun. Jadi, penghasilan freelancer umumnya bergantung pada seberapa banyak proyek yang bisa dikerjakan.

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Karir Selengkapnya
    Lihat Karir Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan