Mohon tunggu...
Juan Farrel Hermanto
Juan Farrel Hermanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo semuanya! Perkenalkan nama saya Juan Farrel Hermanto. Saya adalah mahasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan. Saya merupakan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Sains angkatan 2022. NPM : 6182201033

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 1, 1 Oktober 2022

4 Oktober 2022   17:26 Diperbarui: 4 Oktober 2022   17:28 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan Geladi Hominisasi ini ditujukan kepada para mahasiswa/i untuk mematangkan cara berpikir logis dan berbahasa sebagai warga negara. Kegiatan ini berlangsung mulai dari tahap pendaftaran dimana mahasiswa/i diperkenankan untuk memilih tanggal kegiatan Geladi Hominisasi. Setelah mahasiswa/i menyelesaikan tahap pendaftaran, mahasiswa/i diberikan penugasan pra geladi. Penugasannya adalah mahasiswa/i menyimak dan mendengarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza dan mahasiswa/i diperintahkan untuk memilih syair dari lagu Indonesia Raya yang menarik bagi para mahasiswa/i. Kemudian penugasan yang kedua adalah mahasiswa/i diberikan sepuluh pilihan film dokumenter dengan tema ketahanan pangan, budaya dan lingkungan. Mahasiswa/i diperintahkan untuk menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan melalui media google form. 

Setelah mahasiswa/i menyelesaikan tugas pra geladi, mahasiswa/i diberikan link zoom untuk mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi pada tanggal 1 Oktober 2022. Bersamaan dengan link zoom yang diberikan, mahasiswa/i juga diberikan kelompok yang dimana pada kegiatan Geladi Hominisasi ini ada diskusi dengan kelompok.

Saat saya mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi, saya menyadari bahwa kemampuan logika dan bahasa itu sangat penting. Saya merupakan orang yang pada dasarnya pemalu dan tidak mudah berbicara di depan orang lain. Saya menyadari bahwa sifat pemalu bukanlah alasan untuk saya tidak mau berbicara di depan banyak orang. Justru kemampuan bahasa itu harus dikembangkan dengan lebih baik lagi.

Kita sebagai warga negara perlu menggunakan logika dan bahasa dengan baik karena dengan kita menggunakan logika, kita dapat berpikir secara kritis dan tidak meleset dari ide yang ingin kita dapatkan. Setelah saya mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi, tentunya saya mendapatkan beberapa hal yang tentu bermanfaat bagi saya khususnya sebagai seorang mahasiswa. Saya belajar bahwa penting sekali bagi kita warga negara untuk berpikir secara logis dan berbahasa dengan baik.

Kemampuan yang akan digunakan dalam perjalanan kuliah tentu saja kemampuan berbahasa. Sebagai mahasiswa yang di masa depan akan berada di dunia kerja, kemampuan berbahasa ini sangat dibutuhkan. Ketika kita tidak bisa berbahasa dengan baik dan benar, kita akan kesulitan berproses dalam dunia kerja. Untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa, saya harus berlatih mulai dari hal kecil. Sebagai contoh diskusi kelompok. Dengan berperan aktif dalam diskusi kelompok, kemampuan untuk berbahasa dan berpikir logis akan meningkat. Jika hal ini terus dilatih, maka saya atau siapa pun tidak akan kesulitan dalam menjalani kehidupan sebagai warga negara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun