Mohon tunggu...
Juan Manullang
Juan Manullang Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Diary

1 Tahun Tak Mendapatkan K-Rewards, Semangat Menulis Menurun?

6 Maret 2023   21:15 Diperbarui: 6 Maret 2023   21:25 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tepat 1 (satu) tahun saya tidak mendapatkan K-Rewards dari Kompasiana. Terakhir, saya mendapatkannya bulan Februari 2022. Setelah itu, tidak pernah lagi.

Memang harus diakui bahwa selama setahun itu, saya banyak kesibukan seperti mengikuti  tes atau ujian, ada juga pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga produktivitas menulis menurun.

Selama setahun tidak mendapatkan K-Rewards, disebabkan penurunan produktivitas tersebut. Dan, saya lebih sering menulis puisi padahal biasanya saya menulis artikel-artikel. Dikarenakan adanya pekerjaan sehingga saya memilih untuk menulis puisi yang lebih mudah dan simpel untuk diselesaikan.

Membuat Puisi itu sebenarnya mudah, karena berkaitan dengan pengalaman yang kita miliki, perasaan kita saat ini dan pengamatan dari kehidupan sekitar sehingga lebih mudah untuk menyelesaikan puisi daripada artikel.

Bukan itu saja, untuk membuat puisi pun tidak perlu panjang sampai 200 kata, berbeda dengan artikel sewajarnya lebih panjang agar uraian-uraian tersebut memiliki manfaat dan dapat dipahami pembaca.

Mirisnya, kalau kita membuat puisi, biasanya minim pembaca. Puisi saya, pembacanya tidak lebih dari 100 viewer. Karena itu, agak kesulitan sebenarnya mendapatkan K-Rewards bagi penulis puisi, walaupun tak dipungkiri ada-ada saja penulis puisi yang berhasil mendapatkan K-Rewards.

Selanjutnya, dikarenakan menulis puisi sedikit viewer, saya pun bertekad sesekali menulis puisi dan sesekali menulis artikel agar lebih variatif. Namun, K-Rewards pun sulit didapatkan.

Cara terakhir adalah saya harus lebih memperbanyak menulis artikel seperti sebelumnya saya lebih aktif menulis artikel. Cuma kendalanya adalah pekerjaan setiap hari yang harus diutamakan sehingga produktivitas menulis akan sedikit menurun, berbeda sewaktu beberapa tahun yang lalu.

Namun demikian, saya akan mencoba terus untuk meningkatkan lagi produktivitas menulis. Semoga saja berhasil mendapatkan K-Rewards. Heheh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun