Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Tips untuk Menciptakan Hidup Ramah Lingkungan

7 Juni 2021   17:42 Diperbarui: 7 Juni 2021   17:44 57 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips untuk Menciptakan Hidup Ramah Lingkungan
Sumber: Ilustrasi Lingkungan Hidup/ Pixabay/Pexels

Mencintai lingkungan adalah kewajiban seluruh manusia yang ada di bumi karena lingkungan adalah tempat kita hidup saat ini. Sebab itu, kita perlu tahu tips untuk hidup ramah lingkungan. Ketika kita tahu tips hidup ramah lingkungan maka kita bisa mengaplikasikan dalam kehidupan. Berikut tips untuk hidup ramah lingkungan:

Pertama, tidak membuang sampah sembarangan.

Tips pertama ini tentu sudah kita ketahui yaitu tidak membuang sampah sembarangan. Selama ini, pasti kita sering membaca di pinggiran jalan sering terpampang nyata larangan membuang sampah disini.

Itu artinya kita diajak tidak membiasakan dan dilarang membuang sampah sembarangan. Lalu, di rumah dan di sekolah pun sering pastinya kita dengar orangtua dan guru mengajak untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Semua itu adalah edukasi untuk hidup ramah lingkungan dan mencintai lingkungan itu sendiri. Karena membuang sampah sembarangan akan menimbulkan bencana seperti banjir. Ketika banjir datang maka yang diserang adalah kita sendiri.

Semua orang akan mengungsi dan timbullah banyak penyakit seperti diare dan juga demam berdarah disebabkan nyamuk berkembang biak di air akibat banjir tersebut. Sebab itulah, tidak membuang sampah sembarangan adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Kedua, tidak menggunakan barang berjenis plastik.

Tips kedua juga patut menjadi perhatian kita yaitu tidak menggunakan barang berjenis plastik. Kita tahu bahwa sampah berjenis plastik paling mendominasi mencemari lingkungan sekitar kita.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya kita tidak menggunakan barang berjenis plastik. Misalnya, lebih baik kita menggunakan tempat minum yang bisa dipakai berulang kali. Menggunakan tas untuk berbelanja yang bukan dari plastik dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Hal itu akan sangat membantu buat kita untuk terbebas dari sampah plastik yang saat ini mendominasi merusak dan mencemari lingkungan sekitar kita.

Ketiga, menanam tumbuhan sekitar rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN