Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Menyoal Pernyataan Isran Noor kepada Presiden Jokowi soal Pindah Ibu Kota

8 April 2021   22:58 Diperbarui: 8 April 2021   23:17 110 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyoal Pernyataan Isran Noor kepada Presiden Jokowi soal Pindah Ibu Kota
Sumber: Tribun Kaltim

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mendoakan Presiden Jokowi masuk surga karena jika mewujudkan cita-cita 2 kepala negara soal pemindahan ibukota. Isran Noor mengatakan Presiden Jokowi akan dikenang jika pemindahan ibukota itu terwujud (detik com).

Atas pernyataan tersebut, sebenarnya sangat layak disoal, sebab pernyataan tersebut mengandung arti ganda. Di satu sisi, doa beliau baik mendoakan Presiden Jokowi supaya masuk sorga dan di sisi lain, banyak yang beranggapan seperti penulis, apakah karena memindahkan Ibukota negara maka akan masuk sorga?

Masyarakat pun akan beranggapan bahwa apakah sudah pasti kalau memindahkan ibukota negara akan masuk sorga? Sebenarnya tidak harus demikian pernyataan Gubernur Isran Noor.

Kalau ibukota dipindahkan itu merupakan sepak terjang terbaik Presiden Jokowi. Selama ini masih banyak wacana tapi eksekusi gagal.

Akan tetapi, di pemerintahan Presiden Jokowi jelas bahwa ibukota negara akan dipindahkan. Harapannya, ini sebagai gebrakan besar dari Presiden Jokowi. 

Kita penting mengapresiasi gebrakan ini tapi tidak terlalu melebih-lebihkan dengan doa pasti masuk surga. Jika ingin masuk surga itu adalah kehendak Tuhan.

Alangkah baiknya, untuk saat ini kita terus membantu mendoakan agar segera fasilitas dalam membentuk ibukota negara seperti gedung kepresidenan, gedung pemerintahan, gedung duta besar dan lainnya harus dipersiapkan dengan baik. 

Sampai saat ini, dikabarkan belum ada gedung pemerintahan yang selesai dibangun apalagi kita sedang dalam situasi sulit pandemi Covid-19. Oleh karena itu, masih belum gedung pemerintahan yang selesai. Cuma, daerah tempat ibukota negara sudah dipersiapkan.

Lebih baik sebelum habis pemerintahan Jokowi, semua gedung pemerintahan segera selesai dan sah ibukota negara dipindahkan dan para pejabat pemerintahan yang berada di Jakarta benar-benar pindah ke daerah Kalimantan Timur.

Kita mendoakan agar apa yang sudah ditetapkan dan direncanakan segera selesai. Semoga saja semua baik-baik dan lancar. Tidak perlu terlalu berlebihan sebenarnya untuk mendoakan ibukota negara ditetapkan di Jakarta.

VIDEO PILIHAN