Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Paskah 2021: Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat, Semakin menjadi Berkat

4 April 2021   22:41 Diperbarui: 4 April 2021   22:48 356 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Paskah 2021: Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat, Semakin menjadi Berkat
Sumber: Freepik.com/Cherry7966

Tepat pada hari ini, 4 April 2021 umat Katolik dan Kristiani di seluruh dunia merayakan Hari Raya Paskah 2021. Oleh sebab itu, penting untuk memaknai pesan Paskah pada tahun ini.

Penulis mengutip sedikit saja pesan Paskah yang disampaikan oleh Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo bahwa pesan Paskah terangkum dalam tiga rangkaian kata: semakin terlibat, semakin mengasihi dan semakin menjadi berkat.

Hal itu sangat tepat di tengah masalah pandemi Covid-19 yang belum usai. Masih ada saja saudara-saudara kita yang mengalami sakit dan tenaga medis masih berjuang untuk menyelamatkan pasien Covid-19 agar segera sembuh.

Paskah tahun ini mengajak kita untuk menjadi berkat, terlibat dan saling mengasihi. Penulis sendiri memahami tiga rangkaian kata itu sebagai bentuk peran kita dalam proses membantu dan menolong sesama kita yang sedang dalam masalah dan juga membantu pemerintah dalam proses penanganan Covid-19.

Kita diminta terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial dalam proses penanganan pandemi Covid-19. Kita diminta untuk saling mengasihi sebagai sesama umat beragama dan sebagai sebuah bangsa dan negara.

Hukum kasih adalah saling menyayangi, mengerti keadaan orang lain atau simpati dan tetap pada nilai-nilai kemanusiaan yang sejati.

Dengan melakukan dua rangkaian kata itu maka kita akan menjadi berkat bagi orang-orang sekitar kita dan banyak orang lain. Berkat tidak hanya diminta dari Yesus Kristus Sang Juruselamat tapi kita bisa juga sebagai saluran berkat bagi orang lain.

Kebaikan, perjuangan dan pengorbanan yang Yesus berikan seperti rela menderita, disiksa sampai disalibkan wajib kita pedomani dalam kehidupan sekarang ini.

Yesus rela mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia memiliki pesan kepada kita untuk bisa mengaplikasikan perjuangan dan pengorbanan dalam kehidupan ini. Sebab itu, kita harus memulai dari hal-hal kecil dulu dilakukan baru hal besar untuk kebaikan.

VIDEO PILIHAN