Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Pemerintah Berkomitmen Kuat Jaga Demokrasi, Mari Kita Kawal

7 Februari 2021   14:10 Diperbarui: 7 Februari 2021   14:22 106 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemerintah Berkomitmen Kuat Jaga Demokrasi, Mari Kita Kawal
Sumber: ilustrasi gambar rmoljabar.com

Demokrasi merupakan bagian penting dalam sistem pemerintahan yang harus kita jaga. Demokrasi itu salah satunya adalah membebaskan masyarakat untuk memberi masukan dan kritikan bagi pemerintah dalam hal memajukan bangsa lebih baik. Namun, kadangkala ada pihak yang menganggap demokrasi saat ini dikekang karena banyak pengkritik pemerintah diduga diproses hukum akibat kritikannya.

Akan tetapi, Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani mengatakan pemerintah berkomitmen kuat merawat dan menjaga demokrasi di Indonesia. Namun, Laporan "Democracy Index 2020: in Sickness and on Health?" dari The Economist Intelligence Unit (EIU) 2021 menempatkan Indonesia pada demokrasi yang belum sempurna.

Dalam EIU Indonesia pada peringkat 64 secara global, serta peringkat 11 di Regional Asia dan Australia. Secara total skor Indonesia 6,48 dan digolongkan pada kategori demokrasi yang belum sempurna (Antaranews.com, 6/1).

Dengan data tersebut, kita kawal terus agar demokrasi kita makin membaik. Tidak  perlu terlalu sempurna, karena memang tidak ada manusia yang sempurna. Pasti selalu ada kesalahan yang terjadi sehingga mengganggu hidup kita dan pemerintahan.

Namun demikian, pemerintah harus lebih bijak dan lebih arif dalam menjalankan demokrasi itu. Rakyat harus diberi kebebasan dalam penyampaian pendapat, aspirasi maupun kritikan kepada pemerintah.

Jangan sampai ada pelarangan dan ancaman terhadap orang yang ingin mengeluarkan pendapat dan aspirasinya. Kita harus mengerti bahwa Indonesia sangat menjunjung tinggi demokrasi dan juga hukum. Jadi, jangan sampai ada pelarangan dan perampasan hak demokrasi rakyat.

Penulis pribadi yakin bahwa pemerintah bisa menjalankan demokrasi sebaik mungkin. Pemerintah punya cara agar tidak disebut otoriter oleh rakyat. Maka dari itu, tegakkan demokrasi dalam pemerintahan dan kehidupan kita.

Masyarakat pun jangan menggunakan demokrasi sampai kebablasan. Bersuara, berekspresi dan beraspirasi juga ada aturannya. Jangan sampai sesuka hatinya berkomentar di ruang publik, menyerang dan menjelekkan lawan politik maupun tidak.

Masyarakat harus ada batasan dalam mengkritik. Jangan sampai asik mengkritik, tapi tidak dipahami kritikannya sudah mengarah pada penghinaan dan pencemaran nama baik sehingga layak diproses hukum.

Masyarakat juga harus bisa saling menghargai pendapat dan pernyataan seseorang demi kebaikan bersama. Pemerintah teruslah tegakkan demokrasi agar lebih baik. Masyarakat akan mengawal terus demokrasi agar tetap terjaga dan pemerintah pun harus terus mengajarkan demokrasi yang baik pada masyarakat.

VIDEO PILIHAN