Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Siapa Ormas yang Dimaksud Kapolda Merusak Kebinekaan?

11 Desember 2020   13:07 Diperbarui: 11 Desember 2020   13:21 111 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Ormas yang Dimaksud Kapolda Merusak Kebinekaan?
Sumber: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut ada organisasi kemasyarakatan (ormas) di wilayah Jakarta yang menempatkan dirinya di atas negara. Ormas tersebut menurutnya dapat merobek-robek kebinekaan dalam aksinya selama ini. Dilanjutkan bahwa ormas yang dimaksud melakukan hate speech, melakukan penghasutan, menimbulkan ujaran kebencian, berita bohong. Itu berlangsung bertahun-tahun dan berulang-ulang (CNN Indonesia.com, 11/12).

Atas apa yang disampaikan oleh Irjen Fadil Imran tersebut maka timbul pertanyaan, siapa ormas  yang dimaksud oleh Kapolda tersebut?. Kita pun tak mengerti siapa maksudnya namun diantara kita pasti sudah punya bayang-bayang dan jawaban sendiri ormas yang dimaksud tersebut.

Cuma, ketika kita sampaikan disini akan menimbulkan masalah baru atau ormas yang dimaksud tidak terima dengan tudingan tersebut. 

Kalau memang ada ormas yang seperti itu sebaiknya pihak kepolisian tidak menolerir hal tersebut dan segera melakukan tindakan tegas. Jangan biarkan bila ada ormas yang dimaksud tersebut masuk ke tubuh elemen masyarakat.

Kita harus menyosialisasikan untuk menciptakan sebuah persatuan dan kesatuan Sebagai anak bangsa. Menciptakan rasa aman dan tenteram di tengah-tengah masyarakat demi menjaminnya Indonesia maju dan Indonesia sejahtera.

Ormas pun lahir adalah untuk kepentingan bangsa dan negara bukan untuk melakukan tindakan yang diuraikan Kapolda diatas. Ormas juga harus punya tugas mulia yang hidup dan bergerak di negeri ini. Jadi, penuhi apa yang menjadi tanggungjawab kita sebagai bangsa dan sebagai ormas.

Tidak ada susahnya juga bila ormas turut serta membantu rakyat dalam proses perjalanan pembangunan dan upaya mensejahterakan rakyat. Jika ormas, pemerintah dan masyarakat bersatu maka hasilnya akan luar biasa. Penting sekali apa yang disampaikan Kapolda itu menjadi introspeksi buat semua ormas agar tidak melakukan tindakan yang disebutkan tersebut.

Masa depan bangsa ada dalam diri kita dan masa depan kemajuan Indonesia ada pada kita sendiri. Sebab itu, tidak ada kata lain bahwa kita harus bersatu bukan merusak negeri ini dengan beragam hasutan, hoax dan ujaran kebencian. Kita bersatu maka kita akan menang melawan setiap tantangan dan pengaruh buruk yang masuk ke kehidupan kita.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x