Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Vaksin Sudah Datang Tapi Kita harus Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

6 Desember 2020   22:55 Diperbarui: 7 Desember 2020   23:33 75 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Vaksin Sudah Datang Tapi Kita harus Tetap Terapkan Protokol Kesehatan
Sumber: Rusman/Biro Pers Setpres via detik.com

Perjuangan kita melawan Pandemi Covid-19 belum berakhir. Meski vaksin dikabarkan akan sampai ke Indonesia dan akan disuntikkan diperkirakan akhir bulan Desember dan Januari 2021, tetapi bukan berarti Covid-19 akan selesai.

Dikabarkan pula bahwa jutaan vaksin virus Corona (Covid-19) Sinovac telah tiba di tanah air. Meski begitu, Presiden Jokowi menegaskan harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Atas pernyataan Presiden Jokowi tersebut untuk menegaskan bahwa bila vaksin sudah datang dan disuntikkan kepada masyarakat, bukan berarti situasi sudah aman seperti sediakala.

Kita bisa beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut. Oleh sebab itu, patut kita menyadari bahwa kita masih akan lama untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kerumunan juga harus bisa dihindari demi menjaga kesehatan badan dan diri kita.

Tidak ada kata lain bahwa kita harus bersepakat bahwa dalam kehidupan ini kita harus terus waspada pada setiap penyebaran penyakit. Apalagi Pandemi Covid-19. Meski sudah sembuh, bukan tidak mungkin dapat tertular kembali.

Maka dari itu, alangkah baiknya kita bisa memperhatikan apa yang sudah disampaikan pemerintah saat ini. Pemerintah sebagai otoritas tertinggi di negara kita yang tugasnya mengatur, melaksanakan program dan kebijakan untuk kemaslahatan bangsa harus bisa kita pahami dan ikuti setiap himbauan dan aturan yang mereka buat.

Tidak bisa kita berjalan sendiri dengan ego sendiri tanpa ada bantuan dari pemerintah itu sendiri. Dana atau anggaran Penanganan Covid-19 ada pada pemerintah. Pemerintah yang mengucurkan dana untuk Penanganan Covid-19. Jadi, kita hargai kerja keras tersebut demi kebaikan bersama.

Kita turut bangga dengan telah hadirnya vaksin Covid-19 Sinovac ke Indonesia, namun tetap kita tidak berleha-leha atau tidak perlu lagi menerapkan protokol kesehatan. Kita masih harus menerapkan itu demi kebaikan bersama.

Semoga saja di tahun 2021 yang sebentar lagi akan datang, kita bisa hidup lebih baik dan bermakna lagi. Jangan sia-siakan perjuangan kita saat ini. Kerja keras yang sudah kita berikan selama ini harus dibalas dengan kesehatan, produktivitas dan kebahagiaan bersama seluruh elemen bangsa.

VIDEO PILIHAN