Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Jelas, Pemerintah Tidak Ada Tuding SBY-AHY Dalang Demo

14 Oktober 2020   14:14 Diperbarui: 14 Oktober 2020   14:21 175 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jelas, Pemerintah Tidak Ada Tuding SBY-AHY Dalang Demo
Sumber: dok Humas Polhukam via CNN Indonesia.com

Beberapa waktu lalu, hangat diperbincangkan mengenai isu dari dalang atau aktor intelektualis dari aksi demonstrasi para buruh dan mahasiswa beberapa hari lalu. Sampai Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY angkat bicara bahwa bukan dirinya sebagai dalang tersebut dan meminta pemerintah untuk menyebut atau membuka siapa dalang sebenarnya.

Mengenai pernyataan SBY tersebut, maka Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyatakan pihak pemerintah tak pernah menuding Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) maupun Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai dalang demonstrasi menolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law yang berujung ricuh.

Pernyataan itu diungkapkan Mahfud MD di akun Twitternya @mohmahfudmd sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia.com, 14/10.

Atas pernyataan tersebut, jelas sudah bahwa pemerintah sudah dengan tegas menyatakan tidak ada tuduhan mengarah pada SBY dan AHY mengenai aksi demonstrasi kemarin. Jadi, isu-isu yang beredar soal itu sudah terselesaikan.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan SBY dan AHY yaitu mencari siapa penyebar isu-isu pemerintah menyebut SBY dan AHY dalang dari aksi demonstrasi para buruh dan mahasiswa.

Caranya bisa dengan melaporkan ke pihak kepolisian oknum yang menyebar fitnah dan hoaks tersebut. Karena sudah jelasnya pemerintah tidak ada menuduh nama siapapun dalam aksi demo.

Untuk memulihkan nama baik SBY dan AHY maka laporan polisi terkait hal tersebut harus dilakukan. Pihak kepolisian sudah sangat profesional dalam hal menegakkan hukum. Sistem investigasi, penyelidikan dan penyidikan dari pihak kepolisian sudah terstruktur dan terlatih. Jadi, siapa saja yang menyebar isu yang merusak nama baik AHY dan SBY dapat ditindak.

Kita cuma mengetahui selama ini melalui Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang mengatakan ada aktor intelektualis dari aksi demonstrasi itu, tapi tidak menyebutkan nama. Ditegaskan lagi oleh Mahfud MD bahwa tidak ada pemerintah menuduh siapapun dalam aksi demonstrasi.

Kalau sudah begitu maka perkara sudah jelas. Kalau belum puas, ya disarankan mengambil jalur hukum siapa oknum yang menyebar fitnah kepada SBY dan AHY.

Cara itu sangat lebih elegan demi kebaikan nama SBY dan AHY. Sampai sekarang, aktor intelektualis dari aksi demonstrasi saja kita belum mengetahui siapa orangnya.

Tak tahu juga entah aktor tersebut akan bisa diungkap atau tidak. Yang pasti, penulis meyakini bahwa aktor intelektualisnya tidak akan terungkap. Cuma, para perusuh atau kelompok anarko saja yang sedang menjalani proses hukum di kepolisian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x