Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Politik

Amien Rais: Pak Jokowi, Bersihkan Istana dari Elemen yang Merusak Kehidupan Bangsa Indonesia, Siapa Itu?

6 September 2020   08:40 Diperbarui: 6 September 2020   08:37 99 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Amien Rais: Pak Jokowi, Bersihkan Istana dari Elemen yang Merusak Kehidupan Bangsa Indonesia, Siapa Itu?
Sumber: Kompas.com/tahta aidilla

Sosok politisi senior Amien Rais baru-baru ini membuat pernyataan yang mengejutkan kembali. Sudah berkali-kali kita lihat beliau seperti itu kepada pemerintah terutama Presiden Jokowi.

Kali ini, Amien Rais menyebut tantangan berat buat Jokowi adalah keberanian mewarisi tradisi perjuangan Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo dan para pendahulu kita yang segenap hidup mereka, mereka abdikan untuk bangsa dan negara Indonesia. 

"Tidak pernah terlintas dalam kehidupan para pendiri bangsa itu untuk memperkaya diri apalagi sampai menuhankan uang dan dunia. Masih ada waktu empat tahun. Pak Jokowi, bersihkan Istana dari elemen-elemen yang merusak kehidupan bangsa Indonesia," kata Amien dalam video berjudul "REKOMENDASI (Bagian Terakhir Risalah Kebangsaan Amien Rais), dilansir Sindonews.com, 4/9.

Siapa itu?

Atas pernyataan dari Amien Rais tersebut, siapa yang dimaksudkan beliau elemen yang merusak kehidupan bangsa Indonesia?. Kalau tidak diberitahu pihaknya, maka ada kesan tuduhan disana.

Begini, seakan-akan pihak yang berada di istana dan pemerintahan itu patut dibersihkan. Apakah ada yang kotor atau gimana?.

Justru pernyataan Amien Rais tersebut dapat merusak citra beliau dan akan banyak kritikan balik kepada beliau. Soalnya tidak jelas siapa sebenarnya elemen yang ingin merusak bangsa.

Para pejabat pemerintahan yang terpilih adalah mereka-mereka yang punya kapasitas dan integritas dalam bidangnya masing-masing. Tidak bisa diputuskan sepihak mereka buruk. Harus ada pembuktian terlebih dahulu agar terang apa yang diungkapkan Amien Rais.

Kalau begini, masyarakat yang mendengar dan membaca pernyataan tersebut semakin bertanya-tanya, siapa sebenarnya yang dimaksud beliau.

Apakah tidak ada pernyataan lain yang lebih baik dan menyejukkan?. Selalu saja Pak Amien Rais melakukan kritik dan saran yang tak terduga dan sulit untuk dijelaskan.

Kita tak mau karena pernyataan itu membuat masyarakat lainnya ikut-ikutan membuat spekulasi-spekukasi baru kepada pemerintah terkait program dan kebijakan pemerintah itu sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN