Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Tujuan Bekerja Itu untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup atau Menabung?

29 Juni 2020   12:23 Diperbarui: 29 Juni 2020   12:22 191 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tujuan Bekerja Itu untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup atau Menabung?
Sumber: Pixabay

Setiap orang untuk mendapatkan uang dan membutuhi kebutuhan hidup pasti bekerja. Meskipun ada-ada saja orang yang ingin dapat uang instan dengan berbuat kejahatan. Itu kita kesampingkan dulu. Sekarang kita membahas mengenai tujuan orang bekerja.

Nah, pertanyaan yang terlintas dalam pikiran penulis adalah apakah tujuan bekerja itu untuk membutuhi kebutuhan hidup saja atau menabung?

Ini menjadi pertanyaan penting buat para pekerja. Karena dalam pikiran kita pasti tujuan bekerja adalah untuk makan atau membutuhi kebutuhan hidup keluarga dan sebagainya.

Namun dalam hal ini perlu juga diketahui bahwa tidak serta merta sebenarnya tujuan bekerja itu hanya untuk membutuhi kebutuhan hidup.

Bekerja harus juga untuk menabung. Mengapa demikian? Karena percuma saja jika hasil pendapatan bekerja tidak disisihkan untuk menabung. 

Manfaat dari menabung itu adalah untuk masa depan kita. Andai suatu hari kita dalam keadaan sakit, sudah di-PHK pula dari pekerjaan, jadi dari mana biaya perobatan kalau tidak dari tabungan. Tentu uang tabungan adalah solusi terbaik bukan?

Andai tidak ada tabungan, pastinya kita tahan-tahan diri dalam keadaan lemah karena sakit. Yang rugi adalah kita sendiri.

Selain itu, andai pada masa Pandemi saat ini kita dalam kesusahan untuk makan karena banyaknya PHK dan perekonomian benar-benar terpuruk, jika ada tabungan kita tidak mati kelaparan. Masih bisa makan dan minum satu keluarga.

Dan, untuk masa depan juga tabungan sangat penting. Andai kita di masa tua ingin membuat usaha karena sudah pensiun dari pekerjaan, maka uang tabungan bisa jadi jalan buat usaha demi anak kedepannya atau berinvestasi.

Contoh-contoh tersebut adalah bukti dari manfaat menabung bagi kita terutama pekerja. Jangan hambur-hamburkan uang hanya untuk beli makanan, minuman, tas, sepatu dan lainnya.

Lebih baik menyisihkan uang hasil bekerja untuk kehidupan di masa depan karena manfaatnya lebih baik dan lebih besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN