Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hoaks Kaesang Pakai Kaos Palu Arit

29 Mei 2020   18:00 Diperbarui: 29 Mei 2020   17:58 79 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hoaks Kaesang Pakai Kaos Palu Arit
Unggahan konten hoaks tentang foto putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang mengenakan kaos berlogo palu arit, ANTARA FOTO

Hoaks atau berita bohong memang sangat sulit dilepaskan dalam kehidupan kita. Entah mengapa begitu, yang pasti ada oknum-oknum yang menyukai keadaan tersebut.

Ada oknum yang dengan sengaja membuat orang lain risau dan resah dengan hoaks hasil buatannya.

Hal itu dialami oleh putra Jokowi Kaesang Pangarep yang fotonya diunggah dengan pakai kaos berlogo palu arit muncul di media sosial Facebook.

Seorang pengguna Facebook pada Minggu (24/5) mengunggah foto Kaesang mengenakan kaos hitam berlogo palu arit sedang duduk bersama kakaknya, Gibran Rakabuming. Sedangkan Gibran mengenakan kaos putih. Unggahan ini mendapatkan 97 respons serta dibagi ulang hingga 260 kali.

Foto itu dilengkapi pula foto Jokowi dengan tambahan teks, Ndok, Jangan Buka Aib keluarga new enak sama yang Lain".

Foto Kaesang Pangarep bersama kakaknya Gibran Rakabuming (dok. detik.com)
Foto Kaesang Pangarep bersama kakaknya Gibran Rakabuming (dok. detik.com)

Foto diatas adalah unggahan sebenarnya pakaian Gibran dan Kaesang. Karena itu, hoaks ketika Kaesang memakai baju berlogo palu arit.

Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) mencatat, konten hoaks foto Kaesang yang mengenakan kaos berlogo palu arit pernah muncul pada Februari 2019.

Sebab itu, hoaks atas Kaesang adalah tindakan tak terpuji, keji dan memalukan. Mempermainkan seseorang demi kepentingan dan kesenangan semata.

Membuat orang resah gelisah akibat hoaks. Tindakan ini bagaikan sebuah permainan oleh oknum pelaku yang harusnya pelakunya ditangkap.

Kalau tidak ditangkap, bisa jadi akan melakukan hal yang sama. Hoaks dijadikan kesenangan dan menyerang pribadi seseorang. Mencemarkan nama baiknya dengan kebohongan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN