Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berkat dan Cinta Paus Fransiskus untuk Indonesia

20 Oktober 2019   00:22 Diperbarui: 20 Oktober 2019   00:25 0 2 0 Mohon Tunggu...
Berkat dan Cinta Paus Fransiskus untuk Indonesia
Sumber: internasional.kompas.com

Pemimpin agama Katolik sedunia Paus Fransiskus memberikan berkat untuk bangsa Indonesia. Berkat itu agar Indonesia hidup dalam damai. Berkat itu menjadi nyata ketika Paus Fransiskus berkenan menandatangani kertas bertuliskan Pace Per il Popolo Indonesiano-La Mia Benedizione, Papa Francesco yang berarti 'Damai untuk bangsa Indonesia-Berkatku, Papa Fransiskus' (mediaindonesia.com, 17/10/2019).

Tulisan berkat itu dimintakan Ketua Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa) AM Putut Prabantoro dan jurnalis Gora Kunjana kepada Paus Fransiskus dalam tradisi audiensi umum di Vatikan.

Dengan demikian, dapat kita katakan bahwa pemimpin agama Katolik sedunia itu memberikan perhatian dan cintanya untuk bangsa dan negara Indonesia ini.

Apalagi, hari ini tepat 20 Oktober 2019 akan ada pelantikan Presiden dan wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin, banyak doa yang dipanjatkan agar berlangsungnya pelantikan dengan damai dan kondusif. Begitu pun berkat Paus Fransiskus menyertai kita.

Kiranya berkat itu benar menyentuh dan menyapa kita, sehingga tidak ada aksi maupun penggagalan pelantikan. Cinta dan berkat Paus Fransiskus tentu sangat bermanfaat disaat kita waktu lalu ditimpa demonstrasi yang anarkis sampai ada korban jiwa.

Jadi, berkat itu disampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kita pun diterangi dengan cahaya berkatnya agar mampu bertindak sesuai aturan, nilai dan norma yang ada.

Berbahagianya kita jika Paus Fransiskus masih memperhatikan bangsa Indonesia. Paus Fransiskus masih mau memberikan doa khusus bagi perdamaian Indonesia dan dunia. Tinggal, kita turut andil dalam menciptakan perdamaian itu.

Ada dalam ayat Alkitab mengatakan bahwa Iman tanpa perbuatan, maka hakekatnya adalah mati. Artinya, berkat dari Paus Fransiskus harus kita barengi dengan perbuatan kita seluruh bangsa Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, terlebih negara yang kita cintai ini.

Kita harus mau berubah agar berkat itu hadir di setiap hari-hari kita. Jangan sampai kita selalu melakukan perbuatan yang lari dari nilai-nilai agama yang ada. Kita bangsa Indonesia harus mau ikut dalam aturan dan ikut dalam menjaga perdamaian.

Sebab itulah, ayo kita bersama-sama mewujudkan perdamaian itu di negeri ini. Berkat dan cinta Paus Fransiskus, kita tabur ke seluruh masyarakat Indonesia agar kita juga dipenuhi cinta dan kasih Allah senantiasa berada pada kita. Semoga juga pelantikan Pak Jokowi-Ma'ruf Amin berjalan lancar dan hikmat.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x