Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Syukur kepada Tuhan, PLN Berikan Kompensasi Tagihan Murah Listrik

7 Agustus 2019   19:56 Diperbarui: 7 Agustus 2019   20:01 36 4 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Syukur kepada Tuhan, PLN Berikan Kompensasi Tagihan Murah Listrik
Jalanan Jakarta gelap akibat mati lampu (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)

Rasa kesal, marah dan kecewa akibat pemadaman listrik kemarin, setidaknya sedikit terobati dengan adanya kompensasi dari pihak PLN berupa tagihan murah listrik untuk bulan Agustus. Jumlah pelanggan yang mendapatkan pemotongan tagihan tersebut mencapai 22 juta.

Hal itupun diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terikat dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PT PLN (cnnindonesia.com, 7/8/2019).

Memang kabar tersebut tidak secara langsung mengobati rasa kecewa dan kemarahan, tetapi sedikitnya rasa kecewa dapat terobatilah. Kerugian materiil dan inmateriil akibat pemadaman lampu tersebut tentunya sudah sampai beratus juta bahkan miliaran, belum lagi ada ikan koki dari masyarakat yang mati akibat pemadaman listrik seperti apa yang diungkapkan di acara ILC kemarin.

Tetap rasa syukur atas apa yang diberikan PLN tersebut adalah bentuk rasa tanggungjawab dari PLN itu sendiri. Sebab itu, permintaan maaf berupa tagihan murah patut kita apresiasi bersama. Selanjutnya, kita berharap agar PLN tidak mengulangi hal yang sama lagi. Kita berharap segera berbenah PLN di seluruh Indonesia agar pelayanan listrik semakin baik. Tidak lagi terjadi pemadaman secara masif karena sangat merugikan konsumen yang ada.

Siapapun tak mau rugi, baik konsumen maupun pihak PLN. Sebab itulah, sistem dan pelayanan terkait listrik haruslah optimal. Tidak sembarangan saja. Wajib,  suasana yang aman dan nyaman diciptakan dalam pelayanan listrik.

Indonesia sedang menatap Revolusi Industri 4.0, sehingga dalam sistem pelayanan harus lebih baik. Zaman sudah canggih dan barang serta jasa pun akan memakai tenaga listrik, sehingga listrik sangat dibutuhkan saat ini.

Padamnya listrik akan membuat peradaban menjadi hampa atau mati. Manusia tidak akan mampu beraktivitas tanpa listrik. Listrik sudah menjadi suatu komponen penting dalam kehidupan. Bahkan listrik sudah sangat penting dan utama dalam kehidupan ini.

Jadi, PLN segera berbenah sebelum kesalahan yang sama terulang lagi. Konsumen listrik akan merasa sedikit terobati dengan kompensasi murahnya tagihan listrik. Semoga saja PLN semakin lebih baik dengan banyaknya kritikan pedas mengarah kepada PLN itu sendiri. Dengan kritikan semoga dapat lebih bermanfaat dan semuanya akan semakin lebih baik.

Bagaimana para masyarakat dan konsumen listrik yang mengalami pemadaman listrik kemarin, apakah sedikitnya terobati rasa kesal dan kecewa akibat pemadaman listrik secara massal kemarin?. Mari disuarakan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x