Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Bertambahnya Daftar Artis yang Tersangkut Narkoba

20 Juli 2019   11:35 Diperbarui: 20 Juli 2019   13:42 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bertambahnya Daftar Artis yang Tersangkut Narkoba
Sumber: MI/Susanto

Begitu mirisnya mendengar bahwa artis-artis Indonesia banyak yang tersangkut dengan namanya narkoba. Kali ini komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya bersama suaminya di kediamannya di kawasan Tebet Timur, Jakarta Selatan, pada Jumat, (19/7) pukul 13:15.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menerangkan, Nunung diamankan bersama suami dan satu orang lainnya, Hadi Moheriyanto alias Hery, selain July Jan Sambiran (suami Nunung). Petugas pun mengamankan barang bukti selain sabu, tiga buah sedotan plastik untuk menggunakan sabu, satu buah sedotan plastik sendok sabu, satu alat bong, potongan pecahan pipet kaca, dan korek api gas (mediaindonesia.com, 19/7/2019).

Artinya, daftar artis yang terlibat narkoba semakin bertambah. Hal ini akan memperburuk citra artis itu sendiri di hadapan masyarakat maupun netizen. Sebagai publik figur harusnya artis menjadi contoh yang baik dan tidak berbuat sesuatu yang melanggar hukum.

Kita tahu bahwa narkoba itu tidak diizinkan dikonsumsi oleh siapapun. Pengedar pun tidak diberi kebebasan untuk memperdagangkan narkoba kepada masyarakat. Hal itu karena narkoba akan merusak masa depan anak bangsa. Narkoba adalah candu yang membawa kehancuran.

Sudah banyak anak bangsa yang meninggal, kecanduan dan mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan terhadap narkoba. Karena itu, layak bila kita menolak narkoba menyebar ke masyarakat, meski itu sedikit sekalipun.

Harapannya, para artis tanah air harus bertekad untuk menolak narkoba yang ditawarkan padanya. Jangan jadikan narkoba sebagai cara untuk menambah stamina dan lainnya. 

Kalau mau menambah stamina kan bisa dengan minum suplemen makanan yang sudah ada cap halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) maupun minuman herbal.

Sebagai publik figur yang dielu-elukan banyak orang, harusnya semua artis memberikan edukasi bagi masyarakat atau para fans untuk menolak narkoba. Artis harus jadi duta anti narkoba. Kalau terus-terusan artis terkontaminasi narkoba, maka rusak sudah citra artis yang memiliki banyak fans berat.

Para artis harus tahu bahwa mereka adalah contoh buat masyarakat. Maka, jadilah contoh itu. Narkoba itu musuh besar rakyat selain korupsi dan terorisme. 

Jika sudah begitu, maka kita harus menolak, bukan membiarkan diri terjerembab kedalamnya. Jangan salah melangkah sebelum rusak masa depan bangsa. Ayo menolak narkoba. Para artis harus jadi duta anti narkoba dengan menyosialisasikan bahaya narkoba sekaligus tidak mengonsumsi narkoba.